Banjarmasin (ANTARA) - Seluruh jamaah haji Debarkasi Banjarmasin dinyatakan sudah pulang ke Tanah Air dengan datangnya kloter 19 di Bandara Syamsuddin Noor pada pukul 20.55 WITA dari Arab Saudi, Minggu.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Noor Fahmi di Banjarmasin, mengatakan, Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan sebanyak 19 kloter, yakni, dari Kalsel sebanyak 13 kloter dan enam kloter dari Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Kini semuanya sudah pulang ke Tanah Air, total jamaah haji yang sudah pulang itu sebanyak 6.097 orang," ujarnya.

Dengan rincian, kata dia, sebanyak 4.490 orang dari Kalsel dan 1.607 orang dari Kalteng.

Baca juga: Jamaah Haji Kloter Terakhir Asal Sulbar Tiba Di Makassar

Menurut dia, jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat dalam perjalanan ibadah haji tahun 2019 ini sebanyak 18 orang.

"Dengan rincian sebanyak 10 orang dari Kalsel dan delapan orang dari Kalteng," bebernya.

Dinyatakan Noor Fahmi, jamaah haji yang wafat itu dimakamkan, ada 10 orang di Mekkah, lima orang di Madinah dan tiga orang di Tanah Air atau di kampung halamannya.

"Kita doakan agar para syuhada haji ini mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT," ujarnya.

Baca juga: Jamaah haji Sulut tiba di Bandara Sam Ratulangi

Untuk para jamaah haji yang sudah berkumpul dengan keluarganya di kampung halaman, sambung Noor Fahmi, moga menjadi haji yang mabrur.

Terkait pemulangan jamaah haji Debarkasi Banjarmasin kloter 19 hari ini, Noor Fahmi mengungkapkan, jamaah haji gabungan semua kabupaten/kota se-Kalsel ini, awal berangkatnya sebanyak 302 orang beserta petugas haji.

"Namun pas kedatangan ini hanya 294 orang, karena satu orang haji wafat, dan tubuhnya di mutasi ke kloter lain untuk dipulangkan lebih awal," terangnya.

Dalam kesempatan ini, kata Noor Fahmi, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada seluruh petugas haji yang dengan sangat baik bertugas mendampingi jamaah haji dari Tanah Air, di Tanah Suci hingga kembali lagi ke Tanah Air.

Baca juga: 388 jamaah kloter 10 tiba di Aceh

"Selain itu kita juga berterimakasih kepada petugas di daerah yang sudah menyiapkan keberangkatan para jamaah baik saat di asrama haji hingga masuk bandara," ujarnya.

Suksesnya pelaksanaan haji tahun ini tidak luput dari kerjasama yang baik seluruhnya, termasuk pemerintah provinsi, kabupaten/kota, demikian juga pihak bandara Syamsudin Noor, pihak kesehatan pelabuhan II Banjarmasin, dan seluruh masyarakat.

"Moga Allah SWT memberikan pahala yang besar bagi kita semua," tutupnya.

Pewarta: Sukarli
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019