Kemarin, kecelakaan di Tol Jagorawi hingga hoaks hujan buatan

Kemarin, kecelakaan di Tol Jagorawi hingga hoaks hujan buatan

FILE FOTO: Puluhan siswa membawa baskom berisi air garam di SDN 26 Legok, Jambi, Senin (14/9/2015). Aksi siswa itu sebagai bentuk kepedulian terhadap kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Kawasan Sumatera dan Kalimantan yang dapat mengakibatkan penyakit serta terganggunya berbagai aktivitas masyarakat. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/am.

Jakarta (ANTARA) - Beragam berita dan peristiwa terjadi Jakarta dan sekitarnya telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Minggu (14/9).

Berikut lima berita yang layak dibaca kembali sebagai sumber informasi dan referensi untuk mengisi Senin pagi Anda:

1. 3 tewas dalam kecelakaan di Tol Jagorawi

Tiga orang dilaporkan tewas dan beberapa lainnya luka-luka dalam insiden kecelakaan tunggal Suzuki APV nomor polisi F-1196-DH di KM36+600 Tol Jagorawi, kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu pagi.

Sementara korban luka-luka dibawa petugas ke RS EMC Sentul dan RS Bina Husada Cibinong.

Peristiwa terjadi saat kendaraan itu melaju dari arah Bogor di jalan Tol Jagorawi pukul 08.30 WIB.

Baca selengkapnya di sini dan di sini.

2. Polisi usir pendukung Persija tanpa tiket

Polisi mengusir pulang oknum pendukung Persija Jakarta maupun PSIS Semarang yang datang ke Stadion Patriot Chandrabagha Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu sore. Mereka diusir karena tanpa memiliki tiket.

"Kita usir mereka (oknum pendukung) yang gak bertiket. Saya suruh nonton di rumah saja," kata Kapolrestro Bekasi Kota Kombes Polisi Indarto saat melakukan inspeksi ke stadion.

Instruksi itu disampaikan Indarto kepada personel jaga di empat gerbang masuk stadion yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan.

Baca selengkapnya di sini.

3. Adrie Subono bacakan Yasin di makam Habibie

Promotor musik ternama Indonesia Adrie Subono berziarah ke makam Presiden Ke-3 RI BJ Habibie ditemani istri dan keluarga lainnya, Minggu. Ia membaca doa dan surah Yasin di samping pusara Habibie.

Adrie yang tiba sekitar pukul 16.10 WIB mengenakan baju kaos berwarna navy dan celana jins hitam. Sedangkan istri mengenakan baju serba hitam dengan selendang putih menutupi kepalanya.

Selain Adrie juga hadir sejumlah kerabat lainnya. Doa dipimpin oleh pemandu doa dari Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata.

Baca selengkapnya di sini.

4. Letusan diduga petasan terdengar di stadion setelah kemenangan Persija

Sedikitnya lima letusan diduga berasal dari petasan di tribun penonton Stadion Patriot Chandrabagha Kota Bekasi, Jawa Barat,terdengar usai laga Persija kontra PSIS Semarang, Minggu sore.

"Suara petasan itu. Sepertinya dibawa sama penonton ke dalam stadion," kata salah satu suporter Persija Jakarta, Danang, di tribun selatan stadion.

Letusan tersebut terdengar sebanyak lima kali berturut-turut usai wasit pertandingan menutup jalannya laga lanjutan Liga 1 Musim 2019 sekitar pukul 17.40 WIB dengan kemenangan Persija 2-1 atas lawannya PSIS Semarang.

Letusan itu terdengar hingga radius 10 meter dari tribun penonton di dalam Stadion Patriot.

Baca selengkapnya di sini.

5. BMKG tanggapi hoaks cara bikin hujan buatan saat kemarau

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan bantahan atas pesan yang beredar di WhatsApp 
mengenai cara memunculkan hujan buatan di tengah musim kemarau.

Kepala Stasiun Meteorologi BMKG, Citeko, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Asep Firman Ilahi, Minggu di Bogor tegas menyebut bahwa pesan mengenai cara memunculkan hujan buatan di tengah musim kemarau yang dibuat oleh orang tidak bertanggung jawab itu adalah hoaks.

Baca juga: BBPT nyatakan hoaks terkait air garam di baskom untuk ciptakan hujan

"Sebenarnya isi pesan broadcast WhatsApp di atas sudah sering diluruskan, tapi masih berlanjut saja, hoaks itu," ujarnya.

Baca selengkapnya di sini.
Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019