Jakarta (ANTARA) - Paruh kedua setiap tahun biasanya diwarnai dengan pesta belanja dalam sejumlah situs jual-beli dalam jaringan (online). Baik platform e-commerce dan marketplace menawarkan potongan harga besar untuk menyambut liburan maupun musim belanja.

Supaya semua kebutuhan tetap terpenuhi, simak tips hemat berbelanja online dari salah seorang pendiri PriceWaiter, Andrew Scarborough, dikutip dari laman Business Insider berikut;

Baca juga: Tiga tips belanja online murah paling ampuh

1. Pakai kupon atau situs cashback
Berbelanja dari situs yang menawarkan potongan harga (cashback) akan membantu warganet yang gemar belanja online untuk mendapatkan diskon ekstra. Situs cashback biasanya meminta pengguna untuk mendaftar dan berbelanja dari tautan yang mereka berikan supaya mendapat potongan harga.

Scarborough juga menyarankan pemanfaatan kupon potongan harga ketika ingin berbelanja supaya mendapat harga yang lebih murah.

2. Simpan di wishlist
Trik kedua saat berbelanja online yang layak dicoba jika mengharapkan potongan harga yaitu dengan masukkan barang-barang yang diinginkan ke keranjang belanja (wishlist). Tapi, Anda jangan langsung belanja saat itu juga.

Beberapa e-commerce mungkin akan mengirimkan surat elektronik (email) berupa informasi diskon atau kode potongan harga agar pengguna kembali masuk (log in) ke situs dan berbelanja.

Cara itu cukup ampuh untuk beberapa pendaftar baru di toko ritel online tertentu.

3. Musim diskon
Berbelanja saat musim diskon akan memberi banyak keuntungan apalagi untuk barang-barang yang tidak dibutuhkan segera. Catat kapan saja toko online mengadakan diskon dan lihat apakah ada barang-barang yang diinginkan mendapat potongan harga.

Baca juga: Tips agar tak tertipu beli gawai di toko online

Jika berbelanja dari e-commerce luar negeri yang memiliki empat musim, usahakan tidak membeli barang bertepatan dengan musimnya. Misalnya, perlengkapan ke pantai akan lebih murah ketika akhir musim panas dan masih dapat dipakai kapan pun.

4. Langganan buletin
Jangan ragu berlangganan buletin (newsletter) untuk mendapatkan informasi seputar potongan harga terkini di situs belanja.

5. Bandingkan antar-toko
Meskipun terdengar sederhana, perbandingan harga sebuah produk di toko-toko yang berbeda akan membantu konsumen untuk mendapatkan harga terbaik.

Luangkan waktu untuk membandingkan harga di beberapa e-commerce ketika ingin membeli sesuatu atau gunakan situs pembanding harga.

Baca juga: Tips belanja online aman saat Valentine

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019