Gubernur: Anggota DPRD Sumut harus perhatikan kepentingan rakyat

Gubernur: Anggota DPRD Sumut harus perhatikan kepentingan rakyat

Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi menyalami anggota DPRD Sumut yang baru dilantik untuk masa kerja 2019-2024 di Medan. (ANTARA/Foto Munawar)

Medan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi mengatakan anggota DPRD Sumut yang baru dilantik harus selalu memperhatikan kepentingan rakyat dalam pembangunan yang dilaksanakan di wilayah provinsi tersebut.

"Anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) dalam menjalankan tugasnya, tidak boleh untuk kepentingan kelompok maupun golongan, melainkan untuk kepentingan rakyat," kata Edy, dalam sambutannya pada pelantikan 100 Anggota DPRD Sumut pada Periode 2019-2024, di Medan, Senin.

Baca juga: Dua Anggota DPRD Maluku batal dilantik

Tugas-tugas yang diemban Anggota DPRD Sumut ke depan, menurut dia, cukup berat dan hal tersebut adalah sesuai dengan perkembangan zaman yang terjadi saat ini, serta harus diikuti oleh anggota legislatif.

"Jadi, anggota dewan tersebut dalam menjalankan tugas harus tetap kapabilitas dan proporsional, sehingga tetap sukses dalam melaksanakan tugas yang diemban untuk kepentingan rakyat," katanya.

Sementara itu, Pimpinan Sementara DPRD Sumut Masa Jabatan 2014-2024, Baskami Ginting, dalam sambutannya mengatakan anggota dewan yang baru saja dilantik agar dapat melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi masing-masing.

Kegiatan dewan yang akan dilaksanakan nantinya, menurut dia, adalah mengenai jadwal pembahasan Tata Tertib DPRD Sumut.

"Selain itu, Pembentukan Fraksi-Fraksi di DPRD Sumut," ujar Baskami.

Sebanyak 100 anggota DPRD Sumatera Utara yang baru, pada periode 2019-2024 dilantik Oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Medan Dr Cicut Sutiarso, pada rapat paripurna di gedung DPRD Sumut.

Pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah/janji oleh ke-100 anggota dewan yang baru.

Bersamaan dengan usainya 100 anggota baru dilantik, papan nama anggota DPRD Sumut yang lama dicabut. Dan diganti dengan papan partai politik anggota yang baru.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Sumut sementara Baskami Ginting dan (PDI Perjuangan) dan Sri Kumala (Gerindra).

Dari 100 Anggota DPRD Sumut pada periode 2019-2024 yang dilantik itu, beberapa diantaranya yakni Rudy Hermanto (PDIP), Salman Alfarisi (PKS), Tia Ayu Anggraini (Gerindra), M.Faisal (PAN), Parlaungan Simangunsong (Demokrat), Mustafa Kamil Adam (Nasdem), Artha Berliana Samosir (PDIP), Jumadi (PKS), Aula Rizki Agsa (Gerindra) dan Irham Buana Nasution (Golkar).

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara oleh KPU, PDIP berhasil merebut 19 kursi.Sementara Golkar dan Gerindra sama-sama menempatkan 15 kader di DPRD Sumut.

Dari 100 anggota DPRD Sumut yang dilantik itu, 21 orang anggota DPRD Sumut petahana.

Hadir pada acara tersebut, Kasdam I/Bukit Barisan Brigjen TNI Untung Budiharto, Pangkosekhanudnas III Marsekal Pertama TNI Djohn Amarul, dan undangan lainnya.

Baca juga: Bawomataluo jadi situs warisan dunia, kunjungan wisatawan meningkat
Baca juga: 8.502 haji Sumut kembali ke tanah air
Pewarta : Munawar Mandailing
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019