Anies hubungi Mensos soal pencari suaka yang kembali ke trotoar

Anies hubungi Mensos soal pencari suaka yang kembali ke trotoar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan pernyataan pada awak media di Balai Kota Jakarta, Senin (16/9/2019). (Antara/Ricky Prayoga)

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berencana menghubungi Menteri Sosial Agus Gumiwang terkait pencari suaka yang kini banyak yang kembali membangun tenda di trotoar dan sekarang menyebar hingga kawasan Cikini, Jakarta Pusat

"Ini memang terjadinya di wilayah Jakarta, tapi wewenangnya ada di Pemerintah Pusat, saya akan telepon pak Mensos karena pak Mensos waktu itu sudah siapkan tempat," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Senin malam.

Anies menyebut dirinya akan menghubungi Mensos untuk meminta Kementerian Sosial menangani langsung para pencari suaka yang kebanyakan tercatat berasal dari Afghanistan dan Somalia ini.

Menurut Anies, para pencari suaka ini datang membanjiri Jakarta karena Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Urusan Pengungsi (UNHCR) perwakilan Indonesia berkantor di Jakarta.

"Itu kewenangannya di pusat, lokasinya di Jakarta ibu kota dan ada UNHCR, kalau gak ada UNHCR barangkali mereka juga gak datang ke sini. Saya akan koordinasi dengan pusat (pemerintah pusat), agar pusat mau menghandle itu," ujar Anies.

Sejak dua hari lalu, para pencari suaka terpantau luntang-lantung di kawasan trotoar Kebon Sirih hingga ke Cikini, setelah sebelumnya ditampung di kawasan Kalideres.

Mereka mendirikan tenda dan menggelar tikar di trotoar depan Bank Gamon Kebon Sirih.

Mereka bergeser ke Bank Perkreditan Rakyat itu karena dilarang mendirikan tenda di depan gedung Ravindo, yang merupakan lokasi kantor UNHCR.
Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019