Jakarta (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyosialisasikan gerakan mencuci tangan di pendidikan anak usia dini (PAUD) dan tes Inspeksi Asam Asetat (IVA) dalam kunjungan kerjanya di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Selasa.

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Erlin Suastini dalam keterangannya diterima di Jakarta, Selasa, menyebutkan Ibu Iriana mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatera Selatan dengan meninjau PAUD SPS Bustanul Amin di Kota Palembang.

Ibu Iriana didampingi oleh sejumlah istri menteri yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK).

Baca juga: Iriana Joko Widodo kunjungi Puskesmas Palembang

Setibanya di lokasi, Ibu Iriana disambut permainan drum band dari anak-anak PAUD. Ibu Iriana dan rombongan kemudian mengikuti senam bersama anak-anak di halaman sekolah tersebut.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemindahan bibit tanaman yang dirangkaikan dengan sosialisasi gerakan mencuci tangan.

Ibu Iriana dan ibu-ibu OASE KK turut membimbing anak-anak mencuci tangan seraya diiringi lagu ceria.

Baca juga: Ibu Negara sosialisasi bahaya narkoba di Palembang

Dalam sesi interaksi di dalam kelas, Ibu Iriana bernyanyi bersama dan membagikan hadiah bagi murid PAUD yang berani tampil di depan. Rangkaian acara ditutup dengan foto bersama Ibu Negara beserta para murid PAUD dan para guru.

Dari PAUD, Ibu Negara dan rombongan menuju Puskesmas Merdeka, Kota Palembang. Di tempat itu, Ibu Negara meninjau langsung sosialisasi tes IVA bagi para ibu-ibu.

Dalam sesi dialog, Ibu Iriana berpesan agar para ibu memiliki kesadaran akan pentingnya tes IVA sebagai deteksi dini kanker rahim.

Baca juga: Ibu Negara sosialisasi Gerakan Indonesia Bersih ke seribuan siswa

Ibu Iriana juga mengingatkan agar para ibu tidak mengira-ngira sendiri dan segera berkonsultasi ke dokter apabila ada tanda-tanda kurang baik.

"Memang usia-usia kita ini perlu dicek ya Bu. Semoga sehat semuanya," kata Ibu Iriana.

Sesi dialog menjadi semakin seru saat Ibu Iriana memberikan tantangan kepada peserta yang hadir. Tiga orang ibu berhasil menjawab pertanyaan dan mendapatkan hadiah menarik dari Ibu Negara.
Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyosialisasikan gerakan mencuci tangan kepada peserta PAUD dalam kunjungan kerjanya di Palembang, Sumsel, Selass (17/9/2019). ANTARA/HO-Biro Pers Media dan Informasi Setpres RI.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019