Inovasi kesehatan Jakarta ke final IndoHCF Innovation Awards III-2019

Inovasi kesehatan Jakarta ke final IndoHCF Innovation Awards III-2019

Menkes Nila Moeloek membuka acara seminar dan pameran inovasi kesehatan di Jakarta Pusat pada Selasa (10/9) (ANTARA/Prisca Triferna)

Jakarta (ANTARA) - DKI Jakarta berhasil melaju ke babak final IndoHCF Innovation Awards III-2019 dengan lima inovasi kesehatan yang diikutsertakan dalam sejumlah kategori.

"Pengumuman pemenang I - III sendiri akan dilaksanakan 9 November mendatang di ICE BSD Tangerang, bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional," kata Ketua Umum IndoHCF, Dr dr Supriyantoro SpP MARS dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu (8/9).

Terdapat empat kategori inovasi yang diperlombakan pada ajang IndoHCF Innovation Awards III-2019 yakni Inovasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), Inovasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Inovasi Alat Kesehatan, dan Inovasi ICT (Information And Communication Technology) Kesehatan.

Baca juga: IndoHCF jaring inovasi kesehatan dari kegawatdaruratan hingga alkes

Khusus untuk kategori Inovasi Program GERMAS terdapat dua sub kategori yaitu Program UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat) dan Video Promosi Kesehatan.

Inovasi kesehatan DKI Jakarta melaju ke final untuk sub Kategori Inovasi Video Promosi dengan inovasi RSCM Mengajak Masyarakat Untuk Mendukung GERMAS dari Kota Jakarta Pusat.

Lalu pada Kategori Inovasi Alat Kesehatan dengan inovasi Penggunaan Fiksasi Pelvis Modifikasi C-Clamp Sistem UI-CM dalam Meningkatkan Clinical Service di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dari Kota Jakarta Pusat.

Serta tiga inovasi sebagai nominasi kategori Inovasi ICT Kesehatan yaitu APLIKASI HALLODHA & GO-ARV dari Kota Jakarta Pusat, e-Simpati (elektronik - Solusi Masalah Pelayan ABK Terintegrasi) dari Kota Jakarta Selatan dan Sistim Informasi Manajemen Remunerasi Terintegrasi dari Kota Jakarta Utara.

IndoHCF Innovation Awards III-2019 yang dipelopori Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF), program CSR dari PT IDS Medical Systems Indonesia juga memilih sejumlah inovasi terbaik di berbagai kategori dari sejumlah daerah seperti Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur dan sejumlah daerah lainnya.

Selanjutnya, penilaian akan dilakukan untuk menentukan para pemenang. Untuk Kategori Inovasi ICT Kesehatan dan Inovasi Alat Kesehatan akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti expo dan memamerkan karya inovasinya kepada publik serta mengikuti penjurian final.

Kategori Inovasi GERMAS sub-kategori Video Promosi Kesehatan akan dilakukan penjurian final untuk menentukan Terbaik I-III. Sedangkan untuk kategori Inovasi SPGDT dan Inovasi GERMAS sub-kategori Program UKM akan dilakukan kunjungan oleh para juri, untuk menverikasi atau melihat secara langsung inovasi dari para lima peserta finalis.

IndoHCF Innovation Awards merupakan apresiasi yang diberikan kepada instansi dan individu atau kelompok perorangan yang telah berhasil menjalankan program-program peningkatan pelayanan kesehatan di Indonesia.

Baca juga: Lima nominasi terbaik masuk final IndoHCF Innovation Awards
Pewarta : Desi Purnamawati
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019