Perusahaan sawit di Semitau disegel terkait kebakaran hutan-lahan

Perusahaan sawit di Semitau disegel terkait kebakaran hutan-lahan

Dokumentasi api kebakaran berkobar dari hutan yang berada di Jalan Ketapang-Tanjungpura KM 2, Desa Sungai Awan Kiri, Kecamatan Muara Pawan, Ketapang, Kalbar, Jumat malam (28/9). ANTARA FOTO/HO/Heribertus Suciadi-IAR Indonesia

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
PT Dinamika Multi Perkasa yang merupakan perusahaan perkebunan kelapa sawit di Desa Kenepai, Kecamatan Semitau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, disegel polisi terkait kebakaran hutan dan lahan.
 
"Kami akan melakukan pemeriksaan terhadap pihak perusahaan untuk saat ini kami sudah lakukan penyegelan terhadap lahan itu," kata Kepala Satuan Reskrim Polres Kapuas Hulu, Inspektur Polisi Satu Siko, di Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Jumat.
 
Ia bilang, lahan yang terbakar itu seluas dua hektar yang merupakan milik warga, namun masuk dalam konsensi perusahaan.
 
Menurut dia, di lokasi kebakaran lahan tersebut sudah dipasang spanduk larangan beraktivitas dan dipasang garis polisi. "Selama proses penyelidikan tidak boleh ada aktivitas apa pun di lahan yang sudah terbakar itu," ucap Siko.

Juga baca: DPRD Kotawaringin Timur desak cabut izin perusahaan sawit

Juga baca: Polisi olah TKP di lahan terbakar milik perusahaan di Kalteng

Juga baca: Polda Kalbar segel dua lahan kebun sawit
 
Ia katakan akan menindak tegas pelaku pembakaran hutan dan lahan, apalagi itu perusahaan, sebab sudah jelas aturan dan undang-undang yang berlaku.
 
Ia mengatakan dalam penanganan kasus tersebut, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan saksi ahli seperti BPN, Dinas Perkebunan, Lingkungan Hidup dan BMKG.
 
"Beberapa barang bukti sudah kami amankan, kemudian melakukan pemeriksaan terhadap saksi - saksi termasuk pihak perusahaan, apabila terbukti maka kami tindak sesuai hukum yang berlaku," katanya.

Kabut asap, aktivitas sekolah di Kalbar kembali diliburkan

Pewarta : Teofilusianto Timotius
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019