Denpasar, Bali (ANTARA) - Duta Besar (Dubes) Selandia Baru untuk Republik Indonesia Dr. Jonathan Austin kagum menyaksikan perkembangan program pembangunan Kota Denpasar, Bali, yang berbasis pada budaya.

"Saya sangat kagum dengan visi kreatif berbudaya yang diterapkan di setiap derap pembangunan di Kota Denpasar. Hal ini menjadi langkah yang tepat diambil Pemkot Denpasar dalam menjaga tradisi dan warisan budaya serta melakukan pendekatan budaya dalam sistem birokrasi pemerintah kota," kata Jonathan Austin saat bertemu dengan Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra di Denpasar melalui siaran pers diterima Antara, Minggu.

Baca juga: Terdakwa kasus pembunuhan dituntut 18 tahun di PN Denpasar

Jonathan mengaku pihaknya mengagumi berbagai terobosan program yang dilakukan Pemerintah Kota Denpasar yang mempertahankan kearifan lokal serta mengajak partisipasi luas masyarakat, seperti program revitalisasi pasar tradisional, revitalisasi sungai, program penguatan seni budaya serta penerapan Peraturan Walikota Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik yang telah berjalan secara berkesinambungan dan telah diapresiasi oleh sejumlah kalangan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Baca juga: Denpasar gelar Festival Kota Hijau 2019

"Ada satu hal yang saya kagumi dan tertarik dengan program pembangunan di Kota Denpasar, yakni mengkolaborasikan antara kemajuan teknologi dengan budaya tradisional. Kami siap membantu dan bekerja sama dengan Pemkot Denpasar dalam membangun jejaring serta meningkatkan strategi pembangunan di berbagai bidang," ujarnya.

Baca juga: Hoaks, belanja bawa plastik di Denpasar kena denda Rp500 ribu

Sementara itu, Wali Kota Rai Dharmawijaya Mantra menyambut baik kedatangan Duta Besar Selandia Baru untuk Republik Indonesia Jonathan Austin ke Kota Denpasar.

"Kunjungan ini menjadi momentum penting bagi Pemkot Depasar dalam membangun jaringan kerja sama dengan berbagai pihak di lingkup internasional. Tentunya ini dapat disikapi ke depannya melalui kerja sama lebih lanjut di berbagai bidang antara kedua belah pihak demi kemajuan kesejahteraan bersama," ujarnya.

Wali Kota Denpasar pada kesempatan tersebut juga didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Denpasar, I Made Toya dan sejumlah perwakilan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar.

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019