Jakarta (ANTARA) - Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap 9 orang terduga teroris di Tambun, Bekasi dan Cilincing, Jakarta, yang termasuk dalam jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Gedung Mabes Polri, Jakarta, Senin, mengatakan terduga teroris yang pertama ditangkap adalah SN dan AZ secara bersamaan pada pukul 05.35 WIB di Tambun, Bekasi.

Selanjutnya H ditangkap pukul 06.05 WIB di Tambun, Bekasi serta IG pada waktu yang sama di Tambun, Bekasi.

Densus 88 kemudian menangkap AR pada pukul 07.05 WIB di Tambun Utara bersama istrinya, S.

Baca juga: Densus geledah rumah terduga teroris MA

Baca juga: Terduga teroris Cilincing rakit bom daya ledak tinggi

Baca juga: Teroris MA diduga belajar rakit bom di Jawa Timur


Penangkapan dilanjutkan dilakukan terhadap AS di Bekasi Utara dan terakhir MA alias Muri pada pukul 08.30 WIB di daerah Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara.

"Selanjutnya atas nama I ditangkap dan sedang didalami. I ditanggap di Jakarta Barat, diduga mengikuti giat idad (kesiapan individu) di Bogor," ujar Dedi Prasetyo.

Untuk barang bukti yang diambil dari lokasi penangkapan, di antaranya dari terduga teroris M di Cilincing berupa bahan bom berdaya ledak tinggi TATP dalam jumlah banyak dan sudah dirakit untuk aksi amaliah.

Densus 88 juga mengamankan berbagai macam senjata api, senjata tajam serta panci untuk bom panci dari terduga teroris H.

"Ini akan digabung dengan yang tertangkap di Jakarta Utara. Semua terkoneksi," kata Dedi Prasetyo.

Hingga kini Densus 88 masih melakukan pengejaran terhadap kelompok itu.

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019