Hujan ini dapat juga disertai petir dan angin kencang,
Kota Pekanbaru (ANTARA) - Stasiun Meteorologi Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Provinsi Riau memperkirakan hujan masih berpotensi terjadi untuk dua hari ke depan di wilayah Riau, termasuk Pekanbaru.

"Hujan tersebut turun dengan intensitas lebat dengan durasi singkat dan bisa saja terjadi, umumnya potensi hujan di Riau masih ringan sampai dengan sedang," kata Marzuki, staf Stasiun Meteorologi Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Provinsi Riau, Senin.

Menurut dia, hujan yang melanda sebagian Kota Pekanbaru dan sejumlah daerah lainnya di Riau pada Senin sore (23/9) itu karena pembelokan angin di wilayah Riau.

Baca juga: Sebagian Riau diguyur hujan, kepekatan asap sedikit berkurang

Pembelokan angin dari arah Tenggara atau Selatan, tambahnya pada saat di atas wilayah Riau ada pembelokan sehingga terjadi pertemuan arah angin dan wilayah tersebut berpotensi pembentukan awan hujan

Ia menyebutkan, dari hasil pemantauan Stasiun Meteorologi Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru melalui citra radar cuaca hujan terjadi di sebagian wilayah kabupaten Meranti, Bengkalis Siak, Pelalawan, Kampar, Kuansing, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Kota Pekanbaru.

"Hujan ini dapat juga disertai petir dan angin kencang dan untuk hujan hari ini, terjadi karena adanya pembelokan angin di wilayah Riau, sehingga potensi pembentukan awan hujan di sebagian di wilayah Riau," jelasnya.

Baca juga: BPPT dorong curah hujan Riau 50 mm

Ia berharap, dengan adanya hujan di Riau tentunya kondisi polutan atau asap akan berkurang terbawa oleh air hujan, sehingga udara lebih bersih dibandingkan sebelumnya.

Pantauan pada papan informasi terpajang di bahu jalan Nangka atau perempatan jalan layang menuju Mall SKA atau di seberang jalan pusat perbelanjaan modern Living World, terpampang ISPU dalam kondisi berbahaya.

Sementara itu hujan yang mengguyur sebagian daerah di Kota Pekanbaru, belum mampu menurunkan level ISPU tersebut, sehingga kabut asap masih menyelimuti kota ini.

Baca juga: Hujan buatan berhasil turun di Riau


 

Pewarta: Frislidia
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019