Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengklarifikasi bahwa puluhan bus warna abu-abu berlogo Transjakarta yang sudah tidak dioperasikan di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, itu bukanlah milik mereka.

"Bus tersebut bukan milik PT Transportasi Jakarta dan tidak ada kaitannya dengan PT Transportasi Jakarta," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Nadia Diposanjoyo, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat malam.

Sebelumnya diberitakan bahwa puluhan bus Transjakarta yang tidak dioperasikan lagi dan dikandangkan di pool Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, terbakar pada Jumat siang.

Kebakaran yang terjadi pada pukul 14.00 WIB itu menghanguskan 21 unit bangkai milik PO Prima Jasa yang pernah digunakan sebagai bus Transjakarta.

Kepala Kepolisian Sektor Pamulang Kompol Hadi Supriatna mengatakan dugaan sementara penyebab kebakaran itu lantaran pembakaran sampah yang tidak jauh dari lokasi.

"Bus ini terbakar karena terkena api dari proses pembakaran sampah yang tidak jauh dari lokasi sekitar. Dan ada pula, dari informasi yang kita dapat, kebakaran ini karena salah satu bus terkena percikan api dari proses pengelasan yang dilakukan pekerja sekitar. Namun, masih tetap kita selidiki apa penyebab pastinya," kata dia.

Setidaknya 12 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api. Proses pendinginan juga dilakukan agar api tidak cepat merambat ke bangkai bus lainnya.

Belum ditemukan korban jiwa atau luka akibat kejadian ini. Namun kerugian materiil ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019