Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya,  Sigit K Yunianto meminta pemerintah kota setempat untuk semakin kreatif dan inovatif dalam mempromosikan objek wisata yang ada di Ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah.

"Pengelola wisata di Palangka Raya harus memiliki kreativitas untuk memoles objek wisata menjadi lebih indah dan menarik sehingga menarik wisatawan untuk berkunjung," kata Sigit di Palangka Raya, Rabu.

Sigit yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalimantan Tengah, juga meminta pemerintah kota juga semakin fokus mengelola dan mengembangkan pariwisata yang menjadi unggulan.
Baca juga: DPR RI nilai pariwisata Kalteng kurang promosi

"Sampai saat ini kita belum memiliki objek wisata unggulan yang sangat `ikonik` yang mudah dikenal dan diingat wisatawan. Kita harus bisa menciptakan itu, seperti Monas yang identik dengan Jakarta," katanya.

Menurut dia, jika pemerintah kota berhasil mengembangkan satu destinasi wisata unggulan yang ikonik maka destinasi yang lain akan turut terpromosikan.

Sigit juga meminta pemerintah kota melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak terkait promosi dan pengembangan objek wisata.

Seharusnya dinas bisa memaksimalkan keberadaan pihak swasta dalam pengembangan wisata. Misalkan dengan pihak hotel dan agen perjalanan menyediakan paket wisata. Lebih bagus jika bisa menggandeng investor.
Baca juga: Pengembangan sektor pariwisata di Kalteng perlu dukungan investor

Sigit berharap pemerintah kota dapat terus meningkatkan pengelolaan dan promosi berbagai destinasi wisata yang ada sehingga objek wisata kita semakin dikenal di Indonesia dan manca negara. Untuk itu, pihaknya juga mendorong pemerintah "Kota Cantik" menambah anggaran untuk pengembangan sektor pariwisata.

"Harapan kami Pemerintah Kota Palangka Raya juga dapat meningkatkan anggaran untuk pengembangan sektor pariwisata," kata Sigit K Yunianto Ketua DPRD Kota Palangka Raya dua periode yang disebut-sebut bakal calon Wakil Gubernur Kalteng yang akan diusung PDIP pada Pilkada serentak tahun 2020.
Baca juga: Republik Seychelles Ikuti FBIM Kalteng

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019