Ibu Negara kampanye deteksi dini kanker ke perempuan pekerja Cirebon

Ibu Negara kampanye deteksi dini kanker ke perempuan pekerja Cirebon

Ibu Negara Iriana Joko Widodo (tiga kanan) beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla (kedua kanan) dan para istri menteri saat menyosialisasikan pentingnya tes IVA untuk deteksi dini kanker serviks di Cirebon, Jawa Barat, Kamis. (ANTARA/Khaerul Izan)

Cirebon (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan para istri menteri mengampanyekan pentingnya Inspeksi Visual Asetat (IVA) untuk deteksi dini kanker serviks kepada para perempuan pekerja di PT Embee, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis.

Dalam kegiatan sosialisasi itu, Ibu Negara mengingatkan pentingnya pemeriksaan IVA untuk pencegahan kanker serviks.

"Pemeriksaan IVA itu tidak sakit, maka untuk mencegah kanker serviks harus mengikuti," katanya.

Ibu Negara juga memberikan beberapa pertanyaan kepada para perempuan pekerja terkait pemeriksaan IVA dan memberikan hadiah kepada pekerja yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar.

Di PT Embee, pemeriksaan IVA untuk para perempuan pekerja dilakukan sejak 30 September sampai dengan 4 Oktober 2019. Pemeriksaan diikuti oleh 1.024 perempuan pekerja.

Selama berada di Cirebon, Ibu Negara juga meninjau pendidikan anak usia dini dan mengampanyekan pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir kepada anak-anak.

Di samping itu, Ibu Negara akan menyampaikan sosialisasi mengenai upaya pencegahan kekerdilan pada anak kepada kader posyandu, guru pendidikan anak usia dini, dan aparat organisasi perangkat daerah terkait.

Baca juga:
Ibu Negara sosialisasikan cuci tangan dan tes IVA di Palembang

Sistem deteksi dini kanker akan diterapkan mulai dari Puskesmas
Pewarta : Khaerul Izan
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019