Dulu yang datang ke Puskesmas Sempu 70 persen orang sakit, hanya 30 persen orang sehat. Sekarang hanya 45,3 persen orang sakit yang datang, sisanya orang sehat
Jakarta (ANTARA) - Perubahan fasilitas kesehatan sejak awal 2019 membuat 54,7 persen pasien yang datang ke Puskesmas Sempu di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, merupakan warga yang sehat.

"Dulu yang datang ke Puskesmas Sempu 70 persen orang sakit, hanya 30 persen orang sehat. Sekarang hanya 45,3 persen orang sakit yang datang, sisanya orang sehat," kata Kepala Puskesmas Sempu Hadi Kusairi di Banyuwangi, Kamis.

Hadi mengatakan sejak Januari 2019, Puskesmas Sempu memiliki “wajah baru” menjadi destinasi wisata kesehatan yang menargetkan mampu menggaet lebih banyak kunjungan oleh masyarakat.

Baca juga: Terapi gangguan jiwa model "ndeso" ala puskesmas Banyuwangi

"Dalam satu minggu minimal dua kali didatangi dari mana-mana, anak TK, SD, masyarakat, macam-macam," kata Hadi.

Dia menjelaskan hal itu dikarenakan upayanya dalam mengubah paradigma masyarakat terhadap Puskesmas menjadi paradigma sehat. Di Puskesmas Sempu juga terdapat Mall Orang Sehat yang isinya untuk promosi kesehatan dan upaya-upaya pencegahan penyakit.

Mall Orang Sehat itu berada di bangunan tersendiri di salah satu sudut Puskesmas yang menyiagakan petugas kesehatan untuk memberikan berbagai informasi terkait kesehatan kepada masyarakat.

Baca juga: Puskesmas di Banyuwangi buat 270 inovasi kesehatan

Selain itu, ia mengatakan edukasi masyarakat juga diberikan oleh Poli Kesehatan Ibu Anak yang dikhususkan untuk pelayanan kesehatan ibu hamil.

"Kita ada Bumil Pintar Suami Cerdas, jadi ibu hamil maupun suaminya diberikan edukasi," kata Hadi menjelaskan pelayanan untuk ibu hamil. 

Baca juga: Puskesmas Pelelawan buka 24 jam tangani penderita ISPA

Baca juga: Dinkes Jayawijaya buka puskesmas terdampak kerusuhan

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2019