Bappenas gelar Konferensi SDGs 2019 angkat isu kelautan

Bappenas gelar Konferensi SDGs 2019 angkat isu kelautan

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam acara SDGs Annual Conference 2019 di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (8/10/2019). ANTARA/AstridFaidlatulHabibah

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) selaku koordinator pelaksanaan program pencapaian pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) menggelar acara SDGs Annual Conference 2019 di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa.

Pada Konferensi SDG's tahun ini mengangkat tema “Sustainable Ocean for Improving Prosperity and Reducing Inequality” atau mengenai lingkungan laut karena isu tersebut tidak hanya menjadi masalah bagi Indonesia namun sudah secara global.

Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla mengatakan bahwa tema kelautan sangat penting sebab hampir 80 persen Indonesia terdiri dari laut dan menjadi sumber daya penghidupan bagi masyarakat.

“Kenapa laut sangat penting? Luas negeri kita ini hampir 80 persen terdiri dari lautan dan mempunyai fungsi yang bermacam-macam sehingga tentunya harus dijaga,” katanya saat menghadiri konferensi.

Baca juga: Pemerintah ajak milenial jaga kebersihan laut lewat Festival SDGs 2019

Baca juga: Bappenas cari solusi tangani pencemaran laut


Selain itu, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia telah bekerja keras mewujudkan komitmen pelaksanaan pencapaian SDGs sebagai bagian dari upaya pencapaian tujuan pembangunan nasional dan global termasuk terhadap isu kelautan.

Selain itu, konferensi ini juga merupakan suatu bentuk upaya dalam mempererat kerja sama di antara semua pihak yang terlibat dalam upaya pencapaian target SDGs di Indonesia sehingga diharapkan mampu merumuskan masukkan bagi para perumus kebijakan untuk target tersebut.

“Memberikan masukkan kepada para perumus kebijakan dalam melaksanakan program pembangunan secara lebih baik dalam mencapai target SDGs 2030,” katanya.

Sebelumnya sebagai pembuka konferensi ini, Bappenas juga mengadakan Festival SDGs 2019 pada 5 hingga 6 Oktober lalu di Fountain Area Plaza Senayan, Jakarta, dengan merangkul generasi milenial untuk berpartisipasi pada acara yang mengusung tema “Sustainable Life for Our Ocean” tersebut.

“Untuk mengedukasi tentang hal-hal penting dalam menjaga ekosistem kelautan, mulai dari pelestarian biota laut, pemberdayaan masyarakat pesisir, pengembangan pariwisata, hingga pengelolaan sampah laut,” katanya pada Sabtu (5/10) di Jakarta.

Baca juga: Konferensi SGDs bakal angkat isu lingkungan laut
 
Pewarta : Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019