berkontribusi pada pelestarian lingkungan
Jakarta (ANTARA) - Mitsubishi Hitachi Power Systems (MHPS), perusahaan pemasok dan penyedia solusi pembangkit listrik, menilai bahwa pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) merupakan salah satu solusi terwujudnya masyarakat rendah karbon.

"Teknologi pembangkit listrik ramah lingkungan bertenaga panas bumi dapat menjadi salah satu solusi terwujudnya masyarakat rendah karbon dan berkontribusi pada pelestarian lingkungan," ujar Senior Vice President MHPS Junichiro Masada di Jakarta, Selasa.

Ia mengemukakan pihaknya memiliki teknologi gas turbine combined cycle (GTCC) atau integrated coal gasification combined cycle (IGCC), yang memanfaatkan kekayaan sumber daya alam gas dan sumber lainnya untuk pembangkit listrik yang dapat diterapkan di Indonesia.

"Teknologi itu dapat menjadi jalan pintas untuk mencapai penurunan karbon," ucapnya.

Baca juga: Pembangkit Geothermal bantu bangun infrastruktur daerah

MHPS, lanjut dia, telah aktif bergerak di Indonesia sejak 1971 dengan membawa teknologi turbin uap pertamanya ke Indonesia. Dalam kurun hampir 50 tahun, MHPS telah membangun sejumlah fasilitas dengan total kapasitas sekitar 20 gigawatt (GW).

Ia menjelaskan turbin gas MHPS tipe M701F telah digunakan di Indonesia, antara lain pada tahun 2006 dimana dua unit dikirimkan ke pembangkit listrik Cilegon, diikuti instalasi di pembangkit listrik Muara Karang dan pembangkit Tanjung Priok. Dan yang terbaru, MHPS terlibat dalam proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa-2.

"Kini, MHPS memegang pangsa pasar terbesar di Indonesia untuk kategori turbin gas skala besar, termasuk untuk unit GTCC," paparnya.

Kedepannya, Masada mengatakan MHPS berkomitmen untuk menawarkan berbagai teknologi pembangkit listrik ramah lingkungan untuk mendukung pengembangan teknologi di Indonesia, mendorong masyarakat rendah karbon, dan berkontribusi pada pelestarian lingkungan global.

Dalam pameran Hari Listrik Nasional ke-74 nanti, MHPS akan perkenalkan berbagai teknologi maju lainnya yang digunakan pada proyek energi termal di Indonesia.

Baca juga: Hasil pembangkit listrik panas bumi di Solok Selatan di atas perkiraan

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019