Ridwan Kamil instruksikan Bupati Bandung atasi kebakaran lahan

Ridwan Kamil instruksikan Bupati Bandung atasi kebakaran lahan

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di kawasan objek wisata Kawah Putih, Kabupaten Bandung, Senin (7/10/2019). (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau biasa disapa Emil telah menginstruksikan Bupati Bandung Dadang M Nasser untuk mengatasi kebakaran lahan di Kabupaten Bandung seperti Kawasan Kawah Putih Ciwidey dan Gunung Malabar.

"Saya sudah tugaskan ke Pak Bupati Bandung, beliau sekarang sudah di lapangan," kata Gubernur Emil di Gedung Sate Bandung, Rabu.

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini mengatakan hingga saat ini pihak terkait seperti BPBD terus melakukan upaya pemadaman di lapangan.

"Petugas di lapangan terus berupaya semaksimal mungkin memadamkan api di lapangan dan alhamdulillah Selasa kemarin juga turun hujan di Bandung semoga ini mempercepat proses pemadaman," kata dia.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat menyatakan kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Bandung mencapai kurang lebih 226 hektare.

Baca juga: Api di Kawah Putih mulai padam, namun menjalar ke Pasirjambu

Berdasarkan data dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Jawa Barat, hingga Selasa (9/10), kebakaran lahan tersebut terjadi di sejumlah wilayah seperti di Desa Pasir Huni Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, dengan lahan terbakar kurang lebih 26 hektare.

Kemudian di Desa Mangun Jaya, Kecamatan Anjarsari (Gunung Sangar), Kabupaten Bandung, dengan lahan yang terbakar kurang lebih 100 hektare dan di Puncak Besar Pacet, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, dengan lahan yang terbakar kurang lebih 100 hektare.

Selain itu, kebakaran lahan juga terjadi di Gunung Malabar Desa Mekarmaju, Kecamatan Arjasari,  Kabupaten Bandung.

Manajer Pusdalops PB BPBD Provinsi Jawa Barat Budi Budiman Wahyu mengatakan kebakaran lahan yang melanda kawasan Kabupaten Bandung terjadi sejak Sabtu, 5 Oktober 2019, pukul 13.00 WIB.

Akibat kebakaran lahan tersebut membuat beberapa hektare tanaman seperti pohon pinus, pohon rancamala, pohon manglid, pohon alpukat, alang-alang, dan lain-lain hangus terbakar.

Budi mengatakan sejumlah upaya telah dilakukan oleh pihaknya untuk memadamkan kobaran api, seperti berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung.

BPBD kabupaten, kata dia, juga telah melakukan asesmen ke lokasi kejadian dan BPBD Provinsi Jawa Barat telah melakukan pendamping ke lokasi kejadian kebakaran lahan di Gunung Malabar.

Baca juga: Helikopter bom air BNPB dikerahkan atasi karhutla di Kawah Putih

 
Pewarta : Ajat Sudrajat
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019