Buku statistik dibagikan kepada kecamatan di perbatasan RI-Malaysia

Buku statistik dibagikan kepada kecamatan di perbatasan RI-Malaysia

Upacara pembukaan pelaksanaan TMMD Reguler ke-106 di Desa Menua Sadap, daerah perbatasan Indonesia - Malaysia, Kecamatan Embaloh Hulu, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. (FOTO ANTARA/Timotius)

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mendistribusikan buku data statistik sektoral tahun 2019 kepada tiga kecamatan daerah perbatasan Indonesia-Malaysia, yaitu Kecamatan Embaloh Hulu, Batang Lupar dan Badau.
 
"Buku yang didistribusikan berupa buku kompilasi data yang diperoleh dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi vertikal Kabupaten Kapuas Hulu," kata Kepala Bidang Statistik dan Aplikasi Informatika Dinas Kominfo dan Statistik Kapuas Hulu Zulkipli, kepada ANTARA di Putussibau, Jumat.
 
Ia menjelaskan pendistribusian buku  itu  dimaksudkan agar pemanfaatan data yang disajikan dalam bentuk kompilasi data statistik sektoral bisa menjadi acuan untuk menghasilkan rumusan kebijakan yang berbasis data di semua tingkatan.

Pasar Murah



Selain itu, kata dia, ke depannya data atau laporan yang mereka sampaikan kepada OPD haruslah akurat dan akuntabel, karena data itu akan dijadikan sebagai kompilasi data di tingkat kabupaten.
 
" Sebelumnya pendistribusian buku data statistik sektoral kepada OPD dan instansi vertikal telah dilakukan pada bulan Juli 2019 lalu," katanyai.
 
Menurut dia, kegiatan tersebut menjadi upaya untuk terus meningkatkan pengelolaan data statistik sektoral Kabupaten Kapuas Hulu menjadi semakin baik ke depannya.
 
" Kita harapkan data yang dihimpun dalam laporan dari tingkat bawah dapat akurat sehingga menjadi acuan kita di kabupaten, karena keakuratan data itu sangatlah penting," demikian Zulkipli.

Baca juga: Jalan perbatasan RI-Malaysia di Simpang Silat butuh perhatian serius

Baca juga: Rumah warga perbatasan RI-Malaysia direhabilitasi sambut HUT TNI

Baca juga: TMMD di batas Indonesia-Malaysia wilayah Kapuas Hulu dimulai
Pewarta : Teofilusianto Timotius
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019