masing-masing dialokasikan waktu  sepanjang 1,5 menit.
Kupang (ANTARA) - Presiden Joko Widodo melakukan konferensi video dengan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Yoseph Nae Soi yang tengah berada di Pulau Rote, NTT, Senin, untuk menghadiri acara peresmian Palapa Ring.

Selain dengan Wagub Nae Soi, Presiden juga melakukan konferensi video dengan Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu, kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT, Aba Maulaka, di NTT, Senin.

Aba Maulaka yang dihubungi ANTARA dari Kupang mengatakan, dalam konferensi video itu, baik Wagub maupun Bupati Rote Ndao masing-masing dialokasikan waktu  sepanjang 1,5 menit.

Baca juga: Jokowi harap Palapa Ring perkuat perdagangan dan perbaikan birokrasi


Presiden Joko Widodo, di Jakarta, Senin meresmikan Palapa Ring. Proyek yang digaungkan sejak lama itu dimaksudkan untuk menyalurkan internet  ke seluruh Indonesia. Terkait hal itu, Presiden juga menandatangani prasasti digital.

Selain  dengan Wakil Gubernur NTT dan  Bupati Kabupaten Rote Ndao,  Presiden Jokowi juga melakukan konferensi video dengan Bupati Merauke, Wakil Gubernur Papua Barat, Wakil Wali Kota Sorong, Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Panajam Paser Utara serta Wakil Wali Kota dan Sekda Sabang.

 Palapa Ring adalah suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer.

Belakangan, proyek ini dijuluki tol langit, sebagai perumpamaan yang dimaksudkan Menkominfo Rudiantara sebagai kehadiran sinyal yang membuat masyarakat Indonesia bisa lebih mudah berkomunikasi satu sama lain, baik di perkotaan, pedesaan maupun pelosok, berkat eksistensi infrastruktur telekomunikasi.  


Baca juga: Jokowi tandatangani prasasti digital resmikan operasi Palapa Ring
 

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019