Jayapura (ANTARA) - PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) serta Unit Induk Pembangunan (UIP) Papua terus berupaya mengoptimalkan sistem kelistrikan di wilayahnya menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020 di Bumi Cenderawasih.

General Manager PLN (UIWP2B) Ari Dartomo di Jayapura, Rabu, mengatakan hingga kini pihaknya terus berusaha melistriki daerah di pedalaman Papua dan Papua Barat, selain itu, dalam rangka persiapan PON, sistem kelistrikan terus dioptimalkan agar kegiatan dapat berjalan dengan baik.

"Kami terus memperbaiki sistem yang ada untuk mengantisipasi apabila terjadinya gangguan di Jayapura ini khususnya pada venue perlombaan, maka dari itu, kami telah mempersiapkan 'power bank' dengan kapasitas yang besar," katanya.

Senada dengan Ari Dartomo, General Manager PLN UIP Papua Reisal Rimtahi Hasoloan mengatakan pihaknya terus mempersiapkan unitnya dalam membantu kesiapan sistem kelistrikan pada ajang olahraga tersebut.

"Kini kami sedang melakukan pembangunan dari GI Skyline hingga Angkasa, hal itu adalah salah satu upaya kami untuk memperkuat sistem kelistrikan khususnya untuk PON," ujarnya.

Sekadar diketahui, untuk memberikan informasi terbaru mengenai kondisi kelistrikan di Papua dan Papua Barat serta kesiapan dalam menghadapi PON pada 2020, PLN bersama UIP setempat melakukan kunjungan dan audiensi ke Kodam XVII/Cenderawasih.

Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab mengatakan pihaknya mengapresiasi upaya-upaya PLN dalam mendukung suksesnya kegiatan PON, di mana dipastikan akan ada komunikasi lanjutan antara Kodam dengan PLN terkait hal tersebut.

"Kenyamanan para atlet cabang olahraga harus diperhatikan baik saat persiapan lomba, ketika pertandingan berlangsung hingga waktu beristirahat dalam hal ketersediaan listrik, diharapkan hal tersebut dapat dipersiapkan dengan maksimal," katanya.


Baca juga: KEIN minta PLN jamin kesiapan listrik untuk PON di Papua
Baca juga: PLN Papua antisipasi lonjakan kebutuhan listrik selama PON 2020
Baca juga: PLN Biak siapkan listrik 30 MW untuk PON Papua

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019