Jakarta (ANTARA) - Wakil Kepala Kepolisian Resor (Polres) Metro Jakarta Pusat AKBP Susatyo Purnomo mengingatkan  kepada pengguna jasa parkir valet agar berhati- hati untuk menyimpan barang- barang di mobilnya agar tetap aman dari tindakan pencurian.

"Kami mengimbau kepada semua pengguna jasa parkir valet agar berhati- hati menyimpan barang di mobil," kata Susatyo di Polres Metro Jakarta Pusat, Rabu.

Selain mengimbau pengguna jasa, Polisi juga mengingatkan para penyedia jasa valet parkir agar lebih selektif dalam memilih petugas valet.

"Penyedia jasa parkir valet juga diimbau agar lebih ketat dalam menyeleksi karyawan- karyawannya yang berkerja sehingga pelanggan tetap aman," kata Susatyo.

Dua imbauan itu disampaikan AKBP Susatyo dalam pengungkapan kasus yang viral mengenai petugas parkir valet yang mengobrak- abrik mobil pelanggannya di salah satu hotel di Jakarta Pusat.

Polres Metro Jakarta Pusat menangkap pelaku berinisial RN (41) yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus itu.

Susatyo menyebutkan selain mengobrak- abrik mobil pelanggannya, RN mengambil uang- uang koin dengan pecahan Rp 500 dan Rp1000.

RN mengaku motif perbuatannya didasari oleh kebutuhan finansial untuk biaya pengobatan.

"Yang bersangkutan sakit diabetes," kata Susatyo.

Baca juga: Polres Jakpus tangkap jukir valet yang obrak- abrik mobil pelanggannya

Baca juga: E-commerce Fashion Valet diluncurkan di Indonesia

Baca juga: BMW perkenalkan mobil yang bisa "valet parking" otomatis


Pengungkapan dilakukan pada hari Jumat (4/11) tidak lama setelah video rekaman CCTV RN mengobrak- abrik mobil pemiliknya berakhir viral di media sosial.

"Kami dengan cepat cari pelaku selain viral, meresahkan petugas valet yang kerjanya benar," kata Susatyo.

Atas perbuatannya itu, RN dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman pidana kurungan paling lama lima tahun.

Video viral yang dilakukan RN tersebar melalui cuitan akun twitter @poisons yang menampilkan RN mengobrak- abrik mobil yang terparkir di Hotel Mandarin Jakarta Pusat.

Dalam video berdurasi dua menit itu terlihat RN mengumpulkan uang receh dan memasukan ke dalam kantong yang sudah disiapkannya. Bahkan di menit terakhir RN secara sadar meminum air yang berada di dalam mobil.
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019