Surabaya (ANTARA) - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan berbagai karya inovasi pengembangan riset anak bangsa bisa dijadikan sebagai produk unggulan Indonesia.

"Banyak hasil inovasi anak bangsa yang membanggakan khususnya dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Universitas Airlangga dan ini sebenarnya sudah punya manfaat luar biasa dalam kehidupan masyarakat," kata dia saat melakukan kunjungan kerja ke Surabaya, Minggu.

Sebagai contoh karya inovasi mobil dan sepeda motor listrik yang dibuat langsung oleh peneliti dan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Dua jenis kendaraan itu dianggap memiliki peluang besar untuk terus dikembangkan sebagai alat transportasi.

Baca juga: Menristek desak virtual reality dikembangkan hadapi era 4.0

Apalagi, kendaraan yang diciptakan itu ramah lingkungan sehingga sejalan dengan misi Indonesia untuk menekan emisi gas rumah kaca. Kemudian harga kendaraan tersebut diperkirakan juga lebih terjangkau oleh masyarakat .

Selain itu, di bidang kesehatan, stem cell dan kapsul cangkang terbuat dari rumput laut juga berhasil dikembangkan oleh peneliti dari Universitas Airlangga.

Dengan adanya produksi stem cell di dalam negeri, masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar Indonesia. Selain itu, harganya pun jauh lebih murah jika dibandingkan di negara lain. Kemudian, kapsul cangkang juga merupakan jawaban untuk kehalalan suatu produk medis.

Baca juga: Menristek sebut Indonesia perlu ikuti Korsel imitasi teknologi

"Stem cell ini bisa memangkas biaya secara signifikan jika dibandingkan kita melakukan pengobatan ke luar negeri," katanya.

Secara umum, mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas tersebut menilai anak-anak bangsa sudah banyak melakukan inovasi yang bermanfaat dan luar biasa bagi masyarakat.

Di sisi pemerintah, kementerian terkait akan terus berupaya mendorong untuk pengembangan produk lebih jauh. Oleh karena itu, setiap kampus atau perguruan tinggi di Tanah Air diminta menciptakan ide-ide kreatif dan inovatif lainnya.

Baca juga: Pahlawan masa kini bisa dibangkitkan dengan semangat berinovasi

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019