Suka Makmue (ANTARA) - Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0116 Nagan Raya, Provinsi Aceh, Letkol Inf Guruh Tjahyono menegaskan paham radikal dan separatis harus dicegah dan ditangkal karena kedua pemahaman tersebut ingin memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Radikalisme atau ekstrimisme atau separatisme itu atau radikal lainnya yang bertujuan mengubah ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila dan UUD 1945, atau yang ingin memecah belah NKRI, semuanya itu harus dicegah dan ditangkal,” kata Guruh Tjahyono di Suka Makmue, Kamis.

Baca juga: Presiden: Terorisme dan radikalisme masih menjadi tantangan serius

Baca juga: Pengamat Intelijen: Terorisme salah satu potensi konflik Pilkada 2020

Baca juga: Moeldoko ungkap tujuan penerbitan SKB Radikalisme dan PP Terorisme


Menurutnya, TNI saat ini sudah mempersiapkan komponen bangsa dan ruang alat kondisi yang tangguh sehingga paham yang diduga tidak sesuai dengan Pancasila dan Pembukaan undang-Undang Dasar 1945 harus dihindari.

Agar paham tersebut tidak menyebar ke masyarakat, TNI selama ini terus melakukan komunikasi sosial dan mengkampanyekan program pemerintah di daerah, sehingga setiap bentuk paham yang bersifat radikal tidak berkembang di masyarakat.

Selain itu, TNI juga aktif melakukan patroli bersama Polri untuk menjaga stabilitas keamanan di daerah, dan melatih generasi muda agar lebih mencintai tanah air dengan menanamkan patriotisme maupun wawasan kebangsaan.

Agar kondisi masyarakat di daerah ini semakin lebih baik, Dandim Guruh Tjahyono juga mengimbau masyarakat agar menjauhi peredaran minuman keras, narkoba serta segala bentuk tindakan yang tidak baik karena hal itu akan merusak moral generasi muda.

Baca juga: PKB : Radikalisme dan terorisme harus diberantas hingga akarnya

Baca juga: PBNU dan Amerika Serikat sepakat atasi radikalisme


Sementara itu, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh Banta Diman mengatakan organisasi KNPI mendukung program TNI-AD termasuk kegiatan pembinaan teritorial (binter) terpadu, yang berguna menyinergikan antara TNI dengan pemuda Nagan Raya guna mendukung pembangunan di daerah itu.

“Binter selama ini telah dirasakan oleh masyarakat yang melaksanakan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Untuk itu, KNPI Nagan Raya mengajak semua elemen masyarakat agar senantiasa mendukung, bersinergi dalam memupuk persatuan dan kesatuan,” tuturnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019