"Ini semua bentuk-bentuk sinergi dan kolabarasi yang bisa kita teruskan. Kami sangat menghargai ikhtiar BUMN mendorong semangat kewirausahaan berbasis ekonomi kreatif di kalangan anak muda, mudah-mudahan ini terus menjadi contoh yang lainnya," ucap B
Banyuwangi (ANTARA) - Bupati Banyuwangi, Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas  mengajak para pimpinan badan usaha milik negara (BUMN)  yang ada di daerah setempat untuk terus berkolaborasi dalam rangka bersama-sama membangun daerah.

Bupati Banyuwangi pada acara "gowes bareng" atau bersepeda bersama dengan 15 pemimpin BUMN yang ada di Kabupaten Banyuwangi, Jumat mengatakan, saat ini pemkab tengah bekerja keras membangun daerah dan banyak program yang telah digulirkan untuk memajukan daerah, mulai dari upaya pengurangan kemiskinan, pengembangan pariwisata hingga pertumbuhan ekonomi.

"Semua upaya itu akan bisa terus berlangsung jika kita berjalan bareng dan bergandeng tangan dalam hal ini. Karena itu, dalam kesempatan ini kami mengajak jajaran BUMN bisa memberikan kontribusi dan bersinergi dengan pemerintah untuk membangun daerah," katanya.
Baca juga: BUMN kembangkan Pantai Pulau Merah
Baca juga: Menteri BUMN kunjungi objek wisata Banyuwangi


Bupati Banyuwangi menyatakan, dalam sinergi itu banyak hal yang bisa dilakukan oleh BUMN, seperti lewat penyaluran dana tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR untuk mempercepat program pembangunan oleh pemkab.

Azwar Anas mencontohkan yang dilakukan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk lewat CSR-nya yang ikut berperan memberdayakan masyarakat/UMKM lewat pemasaran daring, dan juga termasuk menggelar kelas kreatif untuk kaum pelajar di Banyuwangi.

"Ini semua bentuk-bentuk sinergi dan kolabarasi yang bisa kita teruskan. Kami sangat menghargai ikhtiar BUMN mendorong semangat kewirausahaan berbasis ekonomi kreatif di kalangan anak muda, mudah-mudahan ini terus menjadi contoh yang lainnya," tuturnya.

Bupati Banyuwangi berharap program tersebut juga akan diarahkan untuk memacu pengembangan pariwisata di Banyuwangi, yakni dengan pembangunan infrastruktur menuju pariwisata maupun fasilitas pendukungnya.
Baca juga: Rini : Sinergi BUMN percepat pengentasan kemiskinan Banyuwangi
Baca juga: Menteri BUMN berharap petani sejahtera

Dengan keterlibatan BUMN, lanjut dia, diharapkan semua program pemerintah untuk kemajuan daerah akan selalu terwujud.

"Tangan pemerintah daerah terbatas. Strategi kolaborasi dengan banyak pihak, termasuk BUMN, bisa cepat menangani permasalahan yang ada," ujarnya.

Sebanyak 15 pemimpin BUMN yang tergabung dalam Forum Komunikasi BUMN dan gowes bareng itu, yakni BRI, Telkom, Jamkrindo, Bank BTN, PLN, Bulog, BPJS Ketenagakerjaan, PT Perkebunan Nusantara (PTPN), INKA, DAMRI, Pelindo III, Perhutani, Permonalan Nasional Madani (PNM), PT Pos Indonesia, Garuda Indonesia, Industri Gula Glenmore (IGG) dan Pertamina.
Baca juga: Menteri BUMN apresiasi pemasaran digital banyuwangi-mall.com
Baca juga: Menteri BUMN cek lokasi pabrik PT INKA di Banyuwangi

Pengusaha kue di Banyuwangi berdayakan ODGJ

Pewarta: Masuki M. Astro/Novi Husdinarianto
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019