BPBD Karawang siaga bencana

BPBD Karawang siaga bencana

Ilustrasi pohon tumbang akibat cuaca buruk. ANTARA/Feri Purnama

Karawang, Jawa Barat (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, siaga bencana alam menyusul peralihan musim kemarau ke musim hujan.

"Sekarang ini beberapa daerah di sekitar Karawang sudah mulai turun hujan. Kami tentu siaga bencana banjir dan longsor selama musim hujan," kata Sekretaris BPBD Kabupaten Karawang, Supriatna, saat dihubungi di Karawang, Minggu.

Baca juga: Beberapa warga terluka akibat angin kencang di Lumajang

Ia mengatakan, sesuai dengan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), saat ini sudah memasuki musim hujan.

Intensitas hujan kemungkinan akan meningkat pada akhir Desember ini hingga Februari-Maret 2020.

Baca juga: BPBD Lebak belum pastikan kerugian akibat bencana banjir

Atas hal tersebut, kata dia, akan dilakukan berbagai persiapan untuk mengatasi bencana alam banjir dan longsor yang biasa terjadi di beberapa daerah sekitar Karawang.

Catatan BPBD Karawang, sebanyak 13 kecamatan yang tersebar di wilayah Karawang masuk katagori rawan bencana alam banjir. Sehingga saat memasuki musim hujan, perlu kesiapan jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Baca juga: BPBD Banyumas: Belasan pohon tumbang saat hujan disertai angin kencang

Ia mengimbau agar seluruh camat dan pemerintah desa segera membentuk piket kesiapsiagaan bencana. Sebab bencana alam bisa datang kapan saja. 

Baca juga: BPBD Lebak salurkan logistik korban banjir bandang
Pewarta : M Ali Khumaini
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019