pelayanan kesehatan ini telah menciptakan jalinan komunikasi yang erat antara TNI dan masyarakat
Jayapura (ANTARA) - Satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-PNG dari Yonif Raider 509/Kostrad Pos Batom memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kampung Okyako, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, pada Kamis pagi.

Komandan Pos (Danpos) Batom Letda Inf Sony Ponco ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Kamis mengatakan selain memberikan pelayanan kesehatan gratis berupa pengobatan dan konsultasi gratis kepada masyarakat, juga mengunjungi warga dari rumah ke rumah.

"Anggota Satgas juga berjumlah lima orang yang dipimpin oleh Kopda Danang selaku tim kesehatan juga melaksanakan anjangsana ke rumah-rumah masyarakat," katanya.

Baca juga: Satgas Yonif 754/ENK lakukan pengobatan ke warga Agats
Baca juga: 1.012 Warga perbatasan RI-PNG dapat pelayanan kesehatan di Skow


Saat tim kesehatan mengunjungi rumah warga, kata dia, tim tersebut juga memberikan arahan kepada warga untuk selalu menjaga kesehatan dan merawat kebersihan di sekitar rumah.

"Dengan harapan agar tidak mudah terserang penyakit. Mengingat rumah mereka sendiri dekat dengan hutan sehingga banyak nyamuk yang datang menyerang warga Kampung Okyako," katanya.

Kesehatan, kata dia, harus dimulai dari individu atau pribadi masing-masing, karena dengan begitu gaya hidup sehat bisa memberikan dampak kepada lingkungan sekitar.

"Kalau bukan kita sendiri yang menjaga kesehatan mau siapa lagi, karena sehat itu mahal harganya. Sehingga kami secara rutin mengunjungi warga untuk menyuluh dan berikan pelayanan kesehatan secara gratis," kata Sony.

Baca juga: Film pendidikan kesehatan digelar TNI di perbatasan RI-Timor Leste
Baca juga: Penyuluhan kesehatan digelar prajurit TNI di perbatasan RI-Timor Leste


Kehadiran tim kesehatan Satgas di Kampung Okyako mendapatkan respon yang baik dari warga sekitar khususnya Kepala Kampung Okyako Wahyu Taplo.

"Pelayanan kesehatan ini telah menciptakan jalinan komunikasi yang erat antara TNI dan masyarakat, yang selama ini sudah baik dan akan menjadi lebih baik lagi," katanya.

Baca juga: Papua terkini - Tim kesehatan gabungan TNI bantu masyarakat Wamena
Baca juga: Lanud Supadio gelar bakti sosial kesehatan dalam rangka HUT TNI AU

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019