Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting melesat ke peringkat lima dunia setelah menjuarai Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, pekan lalu.

Berdasarkan daftar peringkat terbaru yang dirilis Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Anthony yang awalnya berada di urutan ketujuh kini naik dua strip dengan perolehan 76.722 poin.

Baca juga: Anthony Ginting juara tunggal putra Indonesia Masters

Adapun peringkat pertama sektor tunggal putra masih dihuni oleh pebulu tangkis andalan Jepang Kento Momota meski dia absen berlaga pada turnamen Super Series BWF 500 itu.

Pebulu tangkis yang sempat mengalami kecelakaan mobil setelah mengikuti turnamen Malaysia Masters 2020 itu masih nyaman menempati peringkat puncak dengan torehan 111.918 poin.

Sementara itu, rekan Anthony di sektor tunggal putra yakni Jonatan Christie harus rela turun satu peringkat ke posisi tujuh dengan koleksi 73.538 poin setelah ditaklukkan oleh pebulu tangkis Denmark Anders Antosan pada perempat final Indonesia Masters 2020.

Kendati begitu, Anthony Ginting dan Jonatan Christie merupakan dua atlet tunggal putra yang berpeluang besar mewakili Indonesia di Olimpiade 2020 Tokyo.

Baca juga: Anthony Ginting terharu raih gelar tunggal putra Indonesia Masters

Meski Anthony dan Jonatan telah menempati posisi delapan besar yang merupakan syarat lolos Olimpiade, mereka harus menjalani beberapa turnamen kualifikasi yang masih bergulir hingga April mendatang.

Terdapat setidaknya lima hingga tujuh turnamen tersisa sebelum Olimpiade digelar, termasuk kejuaraan bergengsi Thomas Cup dan All England 2020.

Baca juga: Impian Jonatan juarai Super 500 perdana pupus di perempat final

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020