Rektor Unimed: Pendaftaran PPG Kemendikbud ditutup 30 Januari

Rektor Unimed: Pendaftaran PPG  Kemendikbud ditutup 30 Januari

Rektor Universitas Negeri Medan Dr Syamsul Gultom,SKM,M.Kes. (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Medan Dr Syamsul Gultom,SKM,M.Kes mengatakan pendaftaran Program Profesi Guru (PPG) Prajabatan 2020 oleh panitia pusat Kemendikbud akan ditutup pada tanggal 30 Januari.

"Lebih kurang tujuh hari lagi kesempatan guru-guru dan alumni, bisa mendaftar untuk ikut program PPG," kata Syamsul, dalam penjelasannya di Medan, Kamis.

Ia menyebutkan, dalam rangka memenuhi kuota Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (dengan biaya mandiri), Direktorat Pembelajaran Belmawa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali memanggil putra - puteri terbaik bangsa yang berminat dan berbakat menjadi guru untuk mengikuti seleksi calon peserta PPG Prajabatan Tahun 2020.

Baca juga: Poltekpar Makassar dan UNM gelar pendidikan profesi guru perhotelan

Panitia Pendaftaran PPG Prajabatan Universitas Negeri Medan (Unimed) sebagai salah satu PTN penyelenggara, menyampaikan kepada masyarakat luas khususnya warga Sumatera Utara yang memiliki minat dan kemampuan untuk mengikuti PPG Prajabatan Tahun 2020, segera mendaftar secara online.

"Unimed menyambut baik pendaftaran PPG Prajabatan kembali dibuka, sehingga memberi peluang bagi warga Sumatera Utara (Sumut) yang belum mendaftar untuk mengikuti PPG Prajabatan yang akan ditutup 30 Januari 2020," ujarnya.

Syamsul berharap, alumni S1 yang memiliki kemauan dan kesanggupan bisa memanfaatkan waktu pendaftaran dengan baik.Melalui informasi ini panitia Unimed mengundang seluruh sarjana S1/D4 di Sumut segera mendaftar.

Semoga informasi penting ini dapat segera diketahui oleh masyarakat umum, karena program ini merupakan tuntutan profesi guru dalam meningkatkan profesionalisme yang dilindungi Undang-Undang.

Tuntutan ke depan, semua guru sudah harus lulus dan memiliki sertifikat PPG.Sertifikat inilah yang akan menjadi prasyarat seseorang menjadi guru dan karenanya yang bersangkutan berhak mendapatkan tunjangan sertifikasi guru.

"Kami berharap informasi penting ini dapat segera diketahui oleh seluruh warga Sumut, sehingga yang memiliki minat dan bakat dapat segera mendaftar," katanya.

Ia mengatakan, bidang studi PPG yang dibuka meliputi Pendidikan Guru SD, Bimbingan dan Konseling,Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi.

Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Sejarah, Akuntansi dan Keuangan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Otomotif, Perhotelan dan Jasa Pariwisata, serta Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura.

"Pengumuman hasil seleksi administrasi 4 Februari. Seleksi akademik, bakat, minat, kepribadian dan panggilan jiwa 8 - 9 Februari dan pengumuman hasil seleksi akademik, bakat, minat, kepribadian dan panggilan jiwa 14 Februari 2020," jelasnya.

Baca juga: Kemristekdikti sebut baru 63 LPTK untuk cetak guru SMK berkualitas
 
Pewarta : Munawar Mandailing
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 1970