Banjarmasin (ANTARA) - Jadwal kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Kalimantan Selatan bakal dimajukan satu hari dari sebelumnya Minggu (9/2) menjadi Sabtu (8/2).

"Ini hasil keputusan dari pertemuan rapat terakhir di Jakarta antara panitia PWI pusat dan Mensesneg," terang Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Selatan Zainal Helmie di Banjarmasin, Sabtu.

Diungkapkan pria yang akrab disapa Helmie itu, perubahan jadwal kehadiran RI 1 dikarenakan sang Presiden ada agenda kenegaraan di tanggal 9 Februari yaitu kunjungan ke Australia. Sehingga panitia HPN diberikan pilihan apakah Presiden hadir di tanggal 8 atau 11 Februari 2020.

Baca juga: HPN 2020 Kalsel wujudkan hutan wartawan

"Atas pertimbangan jika tanggal 11 Februari banyak delegasi HPN dari seluruh daerah sudah pulang, maka diputuskan tanggal 8 Februari," jelas Helmie.

Atas perubahan tersebut, menurut Helmie, konsekuensinya rangkaian kegiatan di tanggal 8 Februari yang sudah teragenda sebelumnya otomatis juga berubah waktunya.

Seperti Seminar Stunting dan Konvensi Nasional Media Massa di Banjarmasin bakal diundur pelaksanaannya dari pagi menjadi siang hari setelah rangkaian acara puncak dari kehadiran Presiden Jokowi di area Sekretariat Daerah Pempov Kalsel di Banjarbaru selesai.

Sedangkan untuk agenda lainnya, dipastikan Helmie tidak ada perubahan. Termasuk acara syukuran HPN di tanggal 9 Februari tetap dilaksanakan. Namun untuk konsepnya masih dibicarakan lebih lanjut.

Baca juga: Presiden Jokowi dipastikan hadiri HPN di Kalsel

"Tempatnya juga belum ditentukan apakah tetap di Banjarbaru atau mungkin saja berubah ke Mahligai Pancasila di Banjarmasin atau lokasi lainnya," bebernya.

Sejumlah agenda penting mewarnai HPN ke 74 tahun 2020 di Kalimantan Selatan. Banyak menteri Kabinet Indonesia Maju juga hadir menjadi pembicara utama pada beberapa seminar yang digelar, termasuk hadirnya para Duta Besar negara sahabat.

Hari Pers Nasional diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang berdiri 9 Februari 1946 di Surakarta.

PWI merupakan organisasi profesi wartawan pertama di Indonesia. Dalam setiap gelaran HPN, ribuan delegasi jurnalis dari seluruh Indonesia hadir meramaikannya.

Baca juga: Presiden Jokowi hadiri HPN 2020 lebih awal
Baca juga: Tujuh tempat jadi arena kegiatan HPN 2020 di Kalsel

Pewarta: Firman
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020