Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mendorong Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jabar agar Bandung menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022.

"Untuk HPN 2022 kita ambil saja, kita Pemprov Jawa Barat akan full support. Peringatan HPN di sini harus lebih gebyar, karena biasanya penyelenggaraan apapun di Bandung bisa gebyar. Silakan diproses saja," kata Gubernur Emil seusai menerima audiensi Pengurus PWI Jabar yang dipimpin Hilman Hidayat (Ketua PWI Jabar) di Gedung Negara Pakuan Kota Bandung, Rabu.

Gubernur Emil mengaku jika tidak berhalangan akan berupaya hadir dalam peringatan HPN 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Setiap pekan, dirinya selalu disibukan dengan agenda rapat bersama pemerintah pusat.

"Insya Allah kalau jadwalnya memungkinkan insyaallah hadir," kata Kang Emil.

Dia juga menyatakan bersedia untuk duduk sebagai Ketua Dewan Penasehat PWI Jabar seperti yang diajukan oleh Penguris PWI Jabar.

"Sebagai kedinasan tidak masalah saya menjadi Dewan Penasehat, silahkan saja diproses suratnya untuk diresmikan ke PWI Pusat," kata dia.

Baca juga: Hari Pers Nasional 2021 ditetapkan terselenggara di Sulawesi Tenggara

Selain itu, pihaknya juga meminta PWI Jabar agar kembali mempertahankan predikat juara umum dalam Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwarnas) 2020 yang akan diselenggarakan di Malang, Jawa Timur.

"Di tahun 2019 seluruh event olahraga nasional kita juara satu, pelajar juara satu, santri juara satu, PNS juara satu, wartawannya juga harus juara satu," kata Kang Emil.

Orang nomor satu di Provinsi Jabar ini mengaku menitipkan harapan besar pada PWI agar bisa menjadi organisasi yang mampu merangkul profesi jurnalis.

Baca juga: Kehadiran Presiden Jokowi di HPN 2020 dijadwalkan maju satu hari

Menurutnya dengan adanya syarat kompetensi yang harus dimilki wartawan maka upaya Pemprov memerangi sisi gelap konvergensi media akan lebih optimal.

"Rangkul semua wartawan, saya berharap eksistensi PWI Jabar di bawah kepemimpinan Pak Hilman bisa mencetak sejarah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat mengaku dukungan luar biasa yang diberikan Gubernur Ridwan Kamil dan Pemprov Jabar sangat menggembirakan.

Baca juga: Menhub usul puncak Hari Pers Nasional 2020 di Bandara Banjarmasin

Menurut Hilman, gubernur menunjukan perhatian dan konsentrasi khusus pada roda organisasi dan keberadaan wartawan.

"Alhamdulillah seluruh masukan dari kami dikabulkan semua. Untuk HPN 2022 kami akan persiapkan dari sekarang, karena hampir setiap tahun Jawa Barat itu ditawari menjadi tuan rumah. Menyelenggarakan HPN itu punya dampak positif bagi perekonomian," katanya.

Pihaknya juga melaporkan kepada gubernur bahwa HPN 2020 tingkat Jawa Barat akan dirangkaikan dengan sejumlah acara yang sudah dimulai penyelenggaraanya oleh sejumlah PWI kabupaten/kota.

"Itu ada bakti sosial, donor darah, seminar hingga jalan sehat," katanya.

PWI Jawa Barat, lanjut Hilman, juga memenuhi permintaan Gubernur Jabar Ridwan Kamil agar PWI menggelar acara penanaman akar wangi di lahan miring seperti yang diamanatkan oleh Presiden Jokowi sebagai bagian dari rangkaian HPN.

Baca juga: Semarakkan hari pers, PWI gelar Anugerah Jurnalistik Adinegoro

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020