KPK terima surat keberatan dari Kompol Rossa Purbo Bekti

KPK terima surat keberatan dari Kompol Rossa Purbo Bekti

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di gedung KPK, Jakarta, Selasa (18/2/2020). (Antara/Benardy Ferdiansyah)

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima surat keberatan dari Kompol Rossa Purbo Bekti perihal pengembaliannya ke Mabes Polri.

"Terkait surat keberatan dari Mas Rossa, jadi benar pimpinan KPK menerima surat keberatan dari Mas Rossa yang kami terima 14 Februari 2020," ucap Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di gedung KPK, Jakarta, Selasa.

Ia menyatakan langkah yang diambil Rossa tersebut sesuai dengan ketentuan Pasal 75 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan.

Baca juga: KPK jelaskan kronologi pengembalian 2 penyidik KPK ke Polri
Baca juga: Pimpinan KPK: Pengembalian Rossa ke Polri demi jaga hubungan lembaga


"Tentu ini sesuai dengan ketentuan Pasal 75 Undang-Undang 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, memang mekanisme yang bisa ditempuh ketika ada masyarakat atau warga yang dirugikan terhadap sebuah keputusan maka bisa melakukan upaya administrasi, yaitu keberatan dan banding," kata Ali.

Lebih lanjut, ia mengatakan lembaganya menghormati upaya yang ditempuh Rossa tersebut dan nantinya pimpinan KPK akan menjawab surat keberatan itu.

"Tanggal 14 Februari 2020 pimpinan telah terima surat tersebut, tentunya karena ini adalah prosedur administrasi kami hormati upaya yang ditempuh Mas Rossa, tentunya kemudian nanti pimpinan akan menjawab surat keberatan tersebut, nanti akan disampaikan kepada yang bersangkutan," tuturnya.

Baca juga: WP KPK lapor ke Dewas terkait polemik penyidik Rossa Purbo
Baca juga: Dewas KPK bahas laporan WP KPK soal penyidik Rossa Purbo


Ia juga menyebut pimpinan KPK sampai saat ini masih membahas surat keberatan dari Rossa tersebut.

"Sampai hari ini kemudian pimpinan dan tim yang kemudian menerima surat keberatan tersebut masih membahas dan mempelajari lebih lanjut terkait surat keberatan tersebut dan tentunya nanti kalau sudah selesai atas jawaban dari KPK melalui pimpinan tentu akan disampaikan kepada Mas Rossa," ujar Ali.

Sebelumnya, KPK telah menjelaskan kronologi pengembalian dua penyidik KPK ke Mabes Polri.

 
Pewarta : Benardy Ferdiansyah
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020