Polbangtan Medan siapkan mahasiswanya ke perbatasan Indonesia-Malaysia

Polbangtan Medan siapkan mahasiswanya ke perbatasan Indonesia-Malaysia

Mahasiwa Polbantan Medan yang akan diterjunkan ke lima desa daerah Kecamatan Entikong, Provinsi Kalimantan Barat daerah Perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. (Foto : ANTARA/HO).

Medan (ANTARA) - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan menyiapkan mahasiswanya untuk diterjunkan ke daerah perbatasan antara Indonesia-Malaysia.

"Tujuan menurunkan sebanyak 15 orang mahasiswa untuk mendampingi petani di 5 desa di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat," kata Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini di Medan, Selasa.

Menurut dia, kegiatan pengiriman mahasiswa pada Maret 2020, sudah kali yang ke 5 dilakukan Polbangtan Medan.

Desa tujuan yakni Desa Entikong, Desa Semanget, Desa Nekan, Desa Pala Pasang, dan Desa Suruh Tembawang.

"Kegiatan ini juga dalam rangka peningkatan SDM Pertanian bagi mahasiswa Polbangtan Medan, terselenggara tidak lepas partisipasi Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian milik Kementan," jelasnya.

Sesuai koordinasi BPP Entikong, ke 15 mahasiswa Polbangtan ini akan mendampingi petani dalam pengembangan pertanian.

"Semua mahasiswa yang akan dikirim ke Entikong, mereka dibekali lebih dahulu dengan bimbingan teknis selama 10 hari di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumut, oleh pakar padi gogo, kacang tanah, lada, dan terong asam," terangnya.

Selain persiapan pembekalan dalam bentuk ilmu pengetahuan dan teknologi, mahasiswa juga dipersiapkan dari segi fisik. Mengingat daerah perbatasan Entikong yang cukup luas dan infrastrukturnya masih kurang bagus.

Baca juga: Polbangtan Medan kembangkan kompos berbahan eceng gondok

"Sehingga untuk mencapai daerah-daerah pertanian, dibutuhkan fisik kuat dan sehat. Ini juga menjadi perhatian, untuk itu mahasiswa Polbangtan disiapkan fisik dan kesehatannya," katanya.

Kegiatan ini juga, ujar dia tidak lepas dari Program Strategis Nasional dan Proyek strategis Nasional Presiden Joko Widodo di Kalimantan Barat untuk membangun dan memperhatiakan kawasan perbatasan.

"Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo juga melalui programnya Kostratani meminta peran dan konstribusi perguruan tinggi termasuk Polbangtan Medan salah satunya untuk ikut terlibat dalam pembangunan pertanian di daerah-daerah perbatasan Indonesia," jelasnya.
 
Pewarta : Juraidi dan Kodir
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020