London (ANTARA) - Dubes RI untuk Belanda I Gusti A Wesaka Puja berharap para pengusaha Belanda yang akan menyertai kunjungan kenegaraan Raja Belanda ke Indonesia, memanfaatkan potensi dan peluang yang ditawarkan untuk memperkuat kerja sama ekonomi kedua negara.

Counsellor Fungsi Pensosbud KBRI Denhaag, Fery Iswandy kepada Antara London, Rabu, menyebutkan pertemuan dengan delegasi misi bisnis tersebut diadakan Kementerian Luar Negeri Belanda bersama dengan Netherlands Enterprise Agency (VNO) dan VNO NCW.

Baca juga: Raja Belanda dihadiahi ulos

Secara khusus, Dubes I Gusti A Wesaka Puja mengharapkan pengusaha Belanda dapat mendukung beberapa program prioritas Pemerintah Indonesia, khususnya peningkatan SDM dan pembangunan infrastruktur.

Seratusan pengusaha Belanda hadir dalam pengarahan persiapan pelaksanaan misi bisnis dalam rangka kunjungan kenegaraan Raja Belanda pada 9 hingga 13 Maret 2020. Acara itu berlangsung di Gedung Konfederasi Industri dan Perusahaan Belanda (VNO NCW).

Dubes menyampaikan beberapa program kebijakan pemerintah untuk mendorong kemudahan berbisnis di Indonesia, antara lain rencana peluncuran Omnibus Law untuk meminimalkan hambatan berbisnis dan investasi serta pemberian insentif berupa pengurangan pajak, khususnya bagi pengusaha yang berinvestasi di bidang pendidikan vokasi.

Baca juga: Dubes buka pameran "Bali behind the scenes" di Amsterdam

Pengarahan tersebut merupakan bagian dari rangkaian persiapan kunjungan kenegaraan Raja dan Ratu Belanda serta misi bisnis Belanda ke Indonesia.

Misi bisnis tersebut akan diikuti oleh lebih dari 130 perusahaan Belanda dengan sekitar 190 orang delegasi.

Misi bisnis Belanda mengusung empat sektor utama Belanda yaitu kemaritiman dan pengelolaan air, ekonomi sirkuler dan teknologi air, pertanian dan pangan; serta life sciences dan kesehatan. Pertemuan bisnis, selain akan diadakan di Jakarta juga diselenggarakan di Surabaya.

Baca juga: Dubes optimistis Indonesia sukses di Vakantiebeurs

Pengarahan juga dihadiri oleh perwakilan Kadin Indonesia Komite Benelux yang menyampaikan kesediaan dalam mendukung misi bisnis dengan mencarikan mitra-mitra yang tepat di Indonesia.

Kadin juga memberikan kesempatan kepada semua peserta misi bisnis untuk mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai business matching pada saat misi bisnis berlangsung di Jakarta dan Surabaya serta informasi mitra potensial dari Indonesia bagi pengusaha Belanda yang akan mengikuti misi bisnis.

Baca juga: Dubes RI di Belanda : kesuksesan tidak kenal gender
 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020