Ini adalah langkah pencegahan agar jangan sampai tertular atau menularkan
Pontianak (ANTARA) - Polres Singkawang, Kalimantan Barat saat ini telah memasang bilik skrining untuk disinfeksi atau sterilisasi yang diperuntukkan bagi warga maupun anggotanya guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Pemasangan bilik skrining sterilisasi ini sudah mulai kami lakukan sejak Selasa, 24 Maret 2020," kata Kapolres Singkawang AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo, Rabu.

Menurutnya, langkah ini adalah upaya pencegahan penyebaran Virus Corona. Karena itu, dia mohon maaf, jika nantinya masyarakat merasa sedikit terganggu dengan adanya bilik skrining sterilisasi ini.

"Bagi masyarakat mungkin nanti awalnya akan merasa tidak nyaman, tetapi ini adalah langkah pencegahan agar jangan sampai tertular atau menularkan," ujarnya pula.
Baca juga: Wali Kota Singkawang keluarkan status KLB COVID-19

Di dalam bilik sterilisasi ini tersedia kipas angin sebagai sumber tekanan bagi air yang telah dicampur dengan cairan pembunuh kuman dan virus yang tentunya aman bagi masyarakat atau anggota kepolisian.

Selain bilik tersebut, Polres Singkawang juga menerapkan pemeriksaan suhu tubuh dan penyediaan boks cuci tangan ataupun hand sanitizer di tempat-tempat yang mudah ditemui oleh pengunjung dan anggota. Posisi kursi tunggu juga diatur sesuai ketentuan social distancing.

"Kita sama-sama mencegah," ujarnya pula.

Kemudian, lanjutnya, kewajiban melaporkan diri ke rumah sakit bila habis bepergian dari daerah yang dikategorikan zona merah atau langsung mengarantina mandiri diri sendiri yang merupakan bentuk pencegahan dan kepedulian terhadap keluarga, sesama dan lingkungan sekitar.

Bagi warga yang melakukan karantina mandiri segera melaporkan kepada dokter rumah sakit atau puskesmas terdekat bila dalam masa karantina mandiri mengalami gangguan kesehatan yang gejalanya mirip dengan gejala terinfeksi Virus Corona, katanya pula.

"Mencegah itu merupakan kewajiban kita bersama, kalau tidak dimulai dari sekarang, mau kapan lagi, Kalau bukan dari diri kita, mau siapa lagi," katanya.
Baca juga: Polres Singkawang tingkatkan status kasus hoaks tentang corona

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020