Jayapura (ANTARA) - Komandan Korem 172/PWY, Kolonel Infantri Binsar Sianipar, mengatakan, sejak pesawat transport sedang TNI ditembak kelompok bersenjata di Kabupaten Pegunungan Bintang, mereka telah menguasai lokasi dan langsung menyiagakan anggota TNI di daerah Serambakon.

Kawasan itu, kata dia, merupakan kawasan yang dilewati pesawat transport sedang TNI itu saat akan mendarat di Bandara Oksibil.

Baca juga: Dandrem 172 PWY akui terjadi kontak tembak di Pegunungan Bintang

“Kemarin pesawat milik kita yang membawa bahan bangunan dan bahan pokok milik Pemda Pegunungan Bintang, mendapat tembakan dan ada tujuh lubang bekas peluru. Kami tidak ingin hal serupa terjadi kepada pesawat-pesawat terbang lain," kata Sianipar, yang dihubungi dari Jayapura, Senin (30/3)

Ia juga menyatakan, telah terjadi kontak tembak dengan gerombolan bersenjata itu di Distrik Serambakon. Ia menyatakan, tidak ada korban jiwa dari alat negara dan mereka menguasai wilayah Distrik Serambakon.

Baca juga: Kapendam XVII Cenderawasih akui KKB tembak Koramil Jila, satu terluka

“Anggota yang kami siagakan telah memukul mundur KKB dari distrik Serambakon, sehingga diharapkan penerbangan di bandara Oksibil dapat berjalan aman seperti biasanya. Dan sampai saat ini kami telah menguasai markas mereka," kata dia.

“Sementara itu dengan disiagakannya pasukan TNI di kabupaten Pegunungan Bintang diharapkan dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akhir-akhir ini banyak mendapat teror dari mereka," ujarnya.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020