Mahasiswa di Jambi lakukan kuliah daring untuk cegah corona

Mahasiswa di Jambi lakukan kuliah daring untuk cegah corona

Seorang dosen Universitas Jambi (Unja) melaksanakan perkuliahan dengan sisitem dalam jaringan. ANTARA/HO-Tanoto Foundation

Jambi (ANTARA) - Sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jambi melaksanakan perkuliahan dengan sistem dalam jaringan (daring) dalam rangka ikut serta mendukung pencegahan penyebarluasan virus corona baru (COVID-19).

"Pembelajaran 'online' (daring) sangat menarik dan mampu membuat antusiasme mahasiswa meningkat untuk belajar, perkuliahan 'online' merupakan hal yg sangat baru bagi saya pribadi, kegiatan ini memberikan pengalaman yang luar biasa," kata seorang mahasiswa Universitas Jambi (Unja) Aldi di Jambi, Senin.

Dia mengaku perkuliahan dengan sistem daring lebih fleksibel, bisa dilaksanakan pada malam hari, siang, atau sore.

Selain itu, kata dia, jika jaringan telepon bagus, perkuliahan daring tersebut dapat dilaksanakan di mana saja.

Aplikasi yang digunakan mahasiswa di Jambi dalam perkuliahan sistem daring, yakni aplikasi zoom. Aplikasi zoom digunakan karena bisa menampung banyak mahasiswa dalam perkuliahan sistem daring tersebut.

Baca juga: 17.650 mahasiswa ULM aktif kuliah daring di tengah wabah corona

Hendra Budiono, dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Unja mengatakan, aplikasi zoom tersebut dapat menampung 100 orang dalam satu sesi perkuliahan daring.

"Menggunakan zoom nyaman, asalkan dipersiapkan dengan baik, disampaikan jauh jauh hari ke semua mahasiswa melalui WhatsApp grup kita akan menggunakan aplikasi zoom, jadi mahasiswa telah mengunduh dan mempersiapkan dengan baik,” kata dia.

Hal senada juga disampaikan dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Jambi Try Susanti.

"Selama melakukan perkuliahan dengan sistem daring tidak ada kendala, siswa juga lebih aktif dalam perkuliahan," kata dia.

Agar mahasiswa tetap lancar mengikuti pembelajaran, kata dia, sebaiknya mereka mencari lokasi yang tidak ramai, bisa dilakukan di kamar ataupun tempat lainnya.

Meski demikian, masih terdapat kendala dalam melaksanakan perkuliahan dengan sistem daring tersebut, di mana tidak semua tempat mahasiswa berada terdapat jaringan internet yang bagus.

Baca juga: IAIN Jember terapkan kuliah daring antisipasi COVID-19
Baca juga: Pemerintah dorong perguruan tinggi selenggarakan kuliah daring

 
Pewarta : Muhammad Hanapi
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020