Jakarta (ANTARA) - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly, menyampaikan data perlintasan warga negara asing (WNA) yang keluar dan masuk Indonesia pasca-merebaknya kasus pandemi Covid-19.

Menurut dia, dari data 10 WNA yang masuk ke Indonesia pada Januari 2020, paling banyak adalah asal China dengan jumlah 188.000 orang.

Baca juga: Anggota DPR: Perketat WNA masuk ke Indonesia

"Dari 10 negara yang warganya masuk ke Indonesia, pertama adalah China yaitu 188.000 orang, Singapura 130.000, Australia 120.000. Lalu Malaysia, India, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Inggris, dan Rusia sebanyak 722.000 orang," kata dia, dalam Rapat Kerja Komisi III DPR yang berlangsung secara virtual, Rabu.

Ia mengatakan, untuk data WNA yang meninggalkan Indonesia sebanyak 788.775 orang, dan dari jumlah itu sebanyak 195.889 orang WNA dari China.

Ia mengatakan, setelah dia mengeluarkan Peraturan Menkumham Nomor 3/2020 pada Februari lalu terkait pembatasan masuknya WNA, jumlah WNA asal China yang masuk Indonesia menurun drastis atau tidak masuk 10 besar.

Baca juga: Presiden minta aturan mengenai pelintasan WNA dievaluasi berkala

"Yang masuk 10 besar itu Malaysia sebanyak 91.000, Australia, Singapura, Jepang, India, dan Korea Selatan," ujarnya.

Ia mengatakan, pada Maret 2020, kedatangan WNA asal China tidak masuk dalam 10 besar. Menurut dia negara asal WNA yang masuk 10 besar di bulan tersebut adalah Australia, Malaysia, Singapura, Jepang, India, Inggris, Amerika Serikat, Rusia, dan Jerman.

Ia menilai dampak dari Permenkumham Nomor 3, Nomor 7, Nomor 8, dan Nomor 11 yang sama sekali melarang orang asing masuk Indonesia sangat terlihat dari penurunan jumlah WNA yang masuk ke Indonesia.

Baca juga: Kasus penularan lokal di China nihil, WNA dilarang masuk

Pelarangan itu menurut dia kecuali untuk beberapa kelompok-kelompok orang asing pemegang Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dan Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), visa diplomatik dan visa dinas, orang pemegang izin tinggal diplomatik, tenaga bantuan medis, pangan dan kemanusian.

"Nanti kita buka itu dimungkinkan tentu dengan protokol kesehatan seperti yang berlaku," katanya.

Baca juga: Kunjungan dan transit WNA ke Indonesia dihentikan sementara

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020