Pontianak (ANTARA) - Kepala Polda Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi R Sigid Hardjanto, meninjau secara langsung kesiapan rencana penutupan Jalan Gajah Mada di Pontianak mulai Kamis besok (2/4), sebagai bagian dari upaya pencegahan Covid-19 di kota yang dilintasi Sungai Kapuas dan Sungai Landak itu. Jalan Gajah Mada yang bersambungan dengan Jalan Pattimura merupakan salah satu urat nadi ekonomi dan bisnis penting di Pontianak. 

Hardjanto, di Pontianak, Rabu, menjelaskan, polisi terlebih dahulu akan mencoba rekayasa lalu-lintas di kawasan jalan yang akan ditutup itu.

Baca juga: Polisi tutup jalan di Bandung jika berpotensi jadi ramai

"Kami siap mendukung dan mengawal seluruh kebijakan pemerintah dalam pencegahan terhadap wabah Covid-19, termasuk penutupan kawasan Jalan Gajah Mada, untuk mengurangi mobilisasi dan kerumunan masyarakat," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Pontianak, Edi Kamtono, menyatakan akan menutup akses Jalan Gajah Mada atau kawasan perekonomian atau pecinan di kota itu dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Pontianak, mulai, Kamis besok (2/4).

Baca juga: Penutupan jalan lingkungan Cipinang Melayu untuk antisipasi COVID-19

Ia menjelaskan, penutupan ruas Jalan Gajah Mada dimulai pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB, sehingga masyarakat tidak boleh beraktivitas seperti biasa setelah jalan besar itu ditutup.

"Penutupan ruas Jalan Gajah Mada tersebut kami lakukan hingga batas waktu yang akan ditentukan kemudian hari, sehingga bagi masyarakat agar memilih ruas jalan lain dengan tidak melewati jalan itu," katanya.

Baca juga: 1 April 2020, akses keluar tol Rawa Bokor ditutup
 

Pewarta: Andilala
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020