meringankan mahasiswa yang mengalami kendala dalam memenuhi kebutuhan pokok harian
Banda Aceh (ANTARA) - Rumah Amal Masjid Jamik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam melalui program Dana Solidaritas Ummat memberikan bantuan biaya bagi mahasiswa Unsyiah yang masih berada di Banda Aceh.

“Bantuan ini disalurkan guna meringankan mahasiswa yang mengalami kendala dalam memenuhi kebutuhan pokok harian akibat merebaknya wabah COVID-19,” kata Ketua Rumah Amal Masjid Jamik Unsyiah, Heru Fahlevi di Darussalam, Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan bantuan tersebut ditargetkan untuk 200 mahasiswa, dengan tahap awal, sumbangan telah disalurkan pada 28 Maret 2020 kepada penghuni asrama dan mahasiswa internasional.

“Kita bekerja sama dengan pengelola Asrama Unsyiah. Mereka yang mengkoordinir mahasiswa dan memasak makanan siap saji tiga kali sehari. Lalu makanan dibungkus dan diantar ke setiap-tiap kamar. Ini cara kita agar pembatasan sosial berskala besar tetap terjaga,” kata Heru.

Baca juga: Unsyiah bagikan dua ribuan hand sanitizer untuk masyarakat
Baca juga: Unsyiah siap jadi tempat pengujian tes virus corona


Ia menambahkan, dana yang dikumpulkan saat ini merupakan sumbangan dari masyarakat Aceh dan civitas akademika Unsyiah.

Ia mengatakan karena dana yang terkumpul masih sedikit, sumbangan pun masih mengutamakan mahasiswa yang terdesak dan memenuhi kriteria bantuan.

“Tidak semua mahasiswa Unsyiah di Banda Aceh yang menerima bantuan. Kami lebih mengutamakan mahasiswa yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.”

Adapun persyaratan itu, seperti mahasiswa penerima bantuan berasal dari keluarga kurang mampu, masih berada di Banda Aceh, tidak pulang kampung, mengalami kendala dalam memenuhi kebutuhan harian, dan tidak merokok.

“Bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan tersebut, dapat menghubungi pengurus Rumah Amal Masjid Jamik Unsyiah melalui media sosial Instargam @rumahamal_unsyiah atau melalui Facebook @Rumah Amal Masjid Jami' Unsyiah,” katanya.

Baca juga: Penyanitasi tangan disumbangkan untuk Gugus Tugas COVID-19 Aceh Besar
Baca juga: Unsyiah usulkan Aceh segera isolasi terbatas COVID-19


Selain menyalurkan bantuan bagi mahasiswa asrama dan mahasiswa internasional, Rumah Amal Unsyiah juga memberikan bantuan bagi mahasiswa lainnya yang berada di luar asrama.

Bantuan tersebut diberikan karena situasi semakin sulit untuk bergerak bebas, serta tertutupnya beberapa ruang publik yang selama ini digunakan mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan hariannya.

“Bagi mahasiswa yang memenuhi kriteria akan diwawancara secara online. Jika memenuhi persyaratan, mereka akan mendapatkan bantuan,” kata Heru.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unsyiah, Prof Marwan mengatakan program Dana Solidaritas Ummat ini dilakukan untuk membantu meringankan beban mahasiswa yang saat ini tidak dapat pulang ke kampung halamannya.

“Unsyiah merasa berkewajiban untuk meringankan beban mahasiswa, terlebih lagi tidak semua mahasiswa memiliki kehidupan ekonomi yang baik,” katanya.

Ia juga mengajak para civitas akademika Unsyiah dan masyarakat luas bersama-sama terlibat dalam aksi sosial tersebut dan sumbangan dapat disalurkan melalui nomor rekening Bank Syariah Mandiri (BSM) 7099400409 a.n. Rumah Amal Masjid Unsyiah.

“Berapa pun bantuan yang diberikan, ini akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan,” demikian Marwan.

Baca juga: Unsyiah laksanakan pembelajaran daring cegah corona
Baca juga: Cegah COVID-19, YBM-BRI semprot masjid di Aceh dengan disinfektan


 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020