Belitung,Babel (ANTARA) - Dua orang yang terdiri dari satu orang dalam pemantauan (ODP) dan satu pasien dalam pengawasan (PDP) di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dinyatakan negatif dari virus corona baru atau COVID-19.

"Alhamdulillah dengan demikian di Pulau Belitung pasien positif COVID-19 tidak bertambah hanya satu pasien yaitu cluster 034 PDP yang kondisi kesehatan sampai hari ini terus mengalami peningkatan," kata Direktur RSUD Marsidi Judono Belitung, dr. Hendra, Sp.An melalui keterangan pers yang diterima di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, Pusat Biomedis Kementerian Kesehatan telah menyampaikan kembali dua hasil pemeriksaan swab tenggorokan dan dinyatakan negatif COVID-19 yakni pasien 044 PDP perempuan usia 19 tahun dan pasien 046 ODP perempuan usia 22 tahun.

Baca juga: Sumatera Selatan perpanjang libur siswa hingga 25 April 2020

"Sampai saat ini kita masih menunggu juga hasil sampel swab tenggorokan metode PCR dari satu pasien PDP dan lima pasien ODP yang swab-nya sudah kami ambil dan baru akan dikirim ke Jakarta besok," ujarnya.

Ia menambahkan, sampai saat ini RSUD Marsidi Judono telah menangani sebanyak 201 pasien dengan rincian 190 ODP dan 11 PDP sedangkan yang diperiksa swab tenggorokan hanya 22 pasien terdiri atas 12 ODP dan 10 PDP.

"Dari 22 pasien yg diperiksa swab tenggorokan dengan metode PCR 10 ODP negatif, sembilan PDP negatif, satu PDP positif dan satu pasien masih menunggu hasil yaitu satu ODP," katanya.

Dikatakannya, saat ini RSUD sedang merawat delapan pasien terdiri atas empat PDP, tiga ODP dan satu pasien positif COVID-19.

"Untuk diketahui masyarakat bahwa pasien-pasien yang kami rawat semua dalam kondisi stabil dan mengalami perbaikan. Kita berdoa secepatnya pasien-pasien tersebut bisa sembuh dan dapat berkumpul dengan keluarga tercinta," ujarnya.

Baca juga: Paguyuban Perantau Lamongan imbau anggotanya tunda mudik
Baca juga: Kogasgabpad akan bawa penyebar kabar relawan meninggal ke jalur hukum
Baca juga: Wapres pastikan Gubernur DKI jalankan PP, Keppres penanganan COVID-19

Pewarta: Kasmono
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020