Gorontalo (ANTARA) - Kepala Penerangan Korem 133/Nani Wartabone, Mayor Fathan Ali, mengatakan, Markas Komando Kodim Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo di Desa Lahumbo, Kecamatan Tilamuta, telah mulai dibangun.

"Pembangunan ini dilakukan melihat situasi perkembangan saat ini disetiap kabupaten dan kota se Provinsi Gorontalo perlu mendapatkan perhatian dalam meningkatkan akan faktor keamanan wilayah," ujar Ali, di Gorontalo, Sabtu.

Baca juga: Kodim 0305 Pasaman bagikan makanan tambahan tingkatkan imunitas warga

Ia menjelaskan keberadaan satuan setingkat Kodim yang ada di wilayah kabupaten dan kota sangatlah diperlukan dalam membangun situasi keamanan wilayah serta pembinaan teritorial yang signifikan guna membangun keutuhan wilayah.

"Korem 133/Nani Wartabone mendapatkan dukungan sepenuhnya oleh pemerintah Kabupaten Boalemo dalam membangun sebuah Kodim demi terciptanya keamanan dan ketertiban serta pembinaan teritorial," kata dia.

Baca juga: Komandan Kodim 1615 tegaskan perlu sinergi semua pihak cegah COVID-19

Ia menjelaskan, Korem 133/Nani Wartabona bersama pemerintah daerah menjaga wilayah guna menjalankan roda pemerintahan sesuai dengan fungsi dan tugasnya selaku satuan teritorial.

"Pada pelaksanaan peletakan batu pertama, dihadiri Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, Bupati Boalemo, Darwis Moridu, serta Kepala Polda Gorontalo, Brigadir Jenderal Polisi Adnas dan Komandan Korem 133/Nani Wartabone, Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw," katanya.

Baca juga: Sosialisasi cegah COVID-19 digelar Kodim 0201/BS di Sungai Deli-Medan

Sementara itu Moridu berharap pembangunan Kodim Boalemo segera rampung beroperasi agar segera dapat melayani masyarakat di daerah tersebut.

"Kami berterima kasih kepada Komandan Korem 133/Nani Wartabone dimana kegiatan ini dilaksanakan saat-saat yang seperti ini dengan adanya wabah Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, sehingga kegiatan ini dilaksanakan secara sederhana dengan melakukan social distancing yang menjadi prosedur bagi bangsa dan masyarakat," katanya.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020