Polda DIY terjunkan 1.106 personel jelang Ramadhan

Polda DIY terjunkan 1.106 personel jelang Ramadhan

Kepala Bidang Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto. (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta akan menerjunkan sebanyak 1.106 personel dalam Operasi Keselamatan Progo 2020 menjelang Ramadhan mulai 6 April hingga 19 April 2020.

"Seperti biasa menjelang pelaksanaan puasa Ramadhan, Kepolisian RI melaksanakan operasi keselamatan. Tahun ini juga dilakukan operasi keselamatan yang untuk wilayah DIY kita sebut dengan sandi Operasi Keselamatan Progo 2020," kata Kepala Bidang Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto dalam keterangannya di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, operasi itu terbagi dalam tiga satuan tugas, yakni satgas preemtif, satgas preventif, dan satgas bantuan operasi.

Baca juga: Polda DIY bubarkan 1.428 kerumunan cegah penularan COVID-19

Sasaran target operasi jelang Ramadhan tahun ini, kata Yuliyanto, akan difokuskan untuk menyikapi serta mengawal penanganan COVID-19 di lima kabupaten/kota di DIY.

Target operasinya mulai dari orang, lokasi, barang, dan kegiatan yang berkaitan dengan penanganan kasus corona jenis baru itu.

"Misalnya target orang adalah terhadap korban atau pasien yang terinfeksi virus COVID-19, termasuk keluarganya dan lingkungan sekitarnya," kata dia.

Baca juga: Polda DIY akan mendata warga yang baru tiba dari luar daerah

Selanjutnya, ia mengatakan sejumlah tempat strategis seperti rumah sakit, tempat-tempat pelayanan kesehatan lainnya, tempat distribusi sembako maupun pusat-pusat kegiatan ekonomi juga menjadi sasaran target operasi.

Polda DIY, kata dia, juga akan melakukan deteksi dini penyelidikan dan monitoring terhadap penyebaran COVID-19 yang ada di wilayah DIY.

Baca juga: Sultan Hamengku Buwono X imbau warga DIY di perantauan tidak mudik

"Termasuk juga melakukan pengaturan penjagaan pengawalan baik mengawal korban dan jenazah COVID-19 maupun yang lainnya," kata Yuliyanto.
Pewarta : Luqman Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020