ACT perluas distribusi makanan di tengah pandemi COVID-19

ACT perluas distribusi makanan di tengah pandemi COVID-19

Relawan ACT membagikan makanan kepada masyarakat dalam program distribusi makanan di tengah wabah COVID-19, Jakarta, Selasa (7/4/2020). (ANTARA/HO/Humas ACT)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) memperluas program distribusi makanan Humanity Food Van dari Humanity Central Kitchen yang merupakan bagian dari program Operasi Makan Gratis di tengah wabah COVID-19.

"Hadirnya program ini merupakan bentuk keseriusan lembaga dan untuk menguatkan aksi-aksi ACT dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat prasejahtera selama masa pandemi corona," kata Dewan Pembina ACT Ahyudin melalui keterangan pers ACT yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Jabar butuh 200.000 RDT untuk mengetes 0,6 persen penduduknya

Ia mengatakan 10 armada Humanity Food Van (HFV) akan beroperasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

HFV, katanya, akan mendistribusikan hingga ribuan porsi makanan setiap hari yang diproduksi oleh Humanity Central Kitchen.

Kehadiran program tersebut juga menjadi bentuk optimisme ACT dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Hal ini mengingat program-program kemanusiaan yang telah bergulir di masa wabah ini lahir atas kepedulian dan kedermawanan masyarakat untuk membantu sesama," katanya.

Ahyudin juga mengatakan semangat optimisme dan kebaikan tersebut perlu ditanamkan ke seluruh kalangan masyarakat Indonesia.

Baca juga: ACT Jatim bantu pangan gratis warga terdampak COVID-19

"Yang harus selalu kita ingat adalah bahwa COVID-19 ini merupakan sebuah musibah dari Allah yang Maha Baik, maka akan hadir juga kebaikan," ujarnya.

Bangsa ini, kata dia lebih lanjut, adalah bangsa yang baik. Salah satu bukti kebaikan bangsa ini adalah kemampuan solidaritas dan kemampuan saling tolong-menolong.

"Kebaikan ini kemudian kami narasikan melalui gerakan Indonesia Dermawan. Di tengah wabah ini, rasa syukur kepada Allah harus semakin kita tingkatkan," katanya.

Selain itu, ACT juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan sedekah, terutama di tengah wabah, yang melemahkan ekonomi sebagian besar masyarakat, sehingga sedekah tersebut dapat dimanfaatkan untuk menolong masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: ACT Lampung salurkan APD ke tiga rumah sakit di Lampung
Baca juga: Kemkes harap momentum Hari Kesehatan Dunia tahun ini tidak terulang
Baca juga: PSBB di DKI akan diperluas hingga kendaraan pribadi
Pewarta : Katriana
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020