Apa yang bisa kita lakukan sebagai masyarakat umum, pertama patuhi anjuran dan imbauan pemerintah, kemudian menjaga kesehatan diri serta lingkungan, lalu mengonsumsi makanan bergizi yang berimbang untuk meningkatkan sistem imunitas
Jakarta (ANTARA) - Pakar virologi Abdul Rahman menilai garda terdepan dalam perang menghadapi pandemi virus corona baru (COVID-19) bukanlah tenaga medis, dokter, apalagi pemerintah melainkan masyarakat atau publik.

"Yang menjadi garda terdepan dalam perang melawan pandemi COVID-19 ini bukanlah dokter atau tenaga medis, apalagi pemerintah karena mereka merupakan garda terakhir. Namun, garda terdepan itu adalah masyarakat umum," ujar kandidat doktor dari Georg August University of Göttingen Jerman tersebut, dalam seminar daring bertajuk "Kebijakan Penanganan COVID-19: Belajar dari Jerman dan Amerika Serikat" di Jakarta, Kamis malam.

Dia mengatakan kalau garda terdepan sudah tumbang maka terdapat garda berikutnya, yakni garda kedua dan ketiga dengan garda paling akhir adalah dokter dan tenaga medis.

Namun, kata dia, jika dokter dan tenaga medis sebagai garda paling akhir sudah tumbang, maka siapa lagi elemen bangsa yang bisa diandalkan untuk menghadapi perang melawan COVID-19.

"Apa yang bisa kita lakukan sebagai masyarakat umum, pertama patuhi anjuran dan imbauan pemerintah, kemudian menjaga kesehatan diri serta lingkungan, lalu mengonsumsi makanan bergizi yang berimbang untuk meningkatkan sistem imunitas," kata Abdul Rahman.

Dia mengingatkan bahwa garda terdepan dalam perang melawan COVID-19  adalah masyarakat umum.

Baca juga: Kementerian BUMN terus usaha siapkan APD untuk garda depan COVID-19

Oleh karena itu, kata dia, publik harus kuat dan sehat, serta menjaga kesehatan diri  dan lingkungan sekitar sebelum ke garda paling akhir.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengambil kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). PSBB memang masih satu tingkat di bawah karantina wilayah (lockdown), namun sudah membuat pelaku usaha, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terpukul.

"Tawaran" pemerintah melalui PSBB memang merupakan jalan terbaik untuk memutus penularan penyakit itu, tanpa membuat ekonomi merugi terlalu parah.

Namun efektivitas PSBB tergantung kepada kesadaran warga untuk bersama-sama memutus mata rantai penularan penyakit itu.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan upaya memberantas penyakit COVID-19 tidak bisa diserahkan kepada pemerintah sepenuhnya, tetapi tergantung kepada masyarakat, termasuk kalangan dunia usaha.

Baca juga: Psikolog: Perlu ada perhatian untuk kesehatan mental tenaga medis
Baca juga: Bentuk RS Darurat, Kabupaten Bogor butuh 240 tenaga medis

Pewarta: Aji Cakti
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020