Purwakarta (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Purwakarta, Jabar, menyatakan balita berusia 3,5 tahun yang sebelumnya positif terjangkit virus corona penyebab  COVID-19 kini dinyatakan sembuh.

Perwakilan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Purwakarta Elitasari Kusuma Wardani, Minggu menyatakan, balita yang berasal dari Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta, tersebut telah sembuh dari COVID-19.

Baca juga: Balita usia empat tahun masuk dalam PDP COVID-19

Ia mengatakan, dengan sembuhnya balita dari virus corona itu maka jumlah pasien positif di Karawang berkurang dan kini tersisa empat orang.

Keempat orang yang positif COVID-19 tersebut kini tengah menjalani perawatan tim medis di sejumlah rumah sakit.

"Untuk jumlah ODP hingga kini kami mencatat terdapat 168 orang. Kemudian jumlah PDP  masih tetap 19 orang," kata Elitasari.

Baca juga: Satu lagi pasien sembuh, kini Aceh nol rawat positif COVID-19

Ia mengajak masyarakat untuk tetap optimistis menghadapi wabah yang menjadi pandemi global ini. Karena hingga saat ini Purwakarta masih dinyatakan relatif aman, karena belum masuk zona merah maupun wilayah transmisi lokal penyebaran virus corona.

"Sejumlah langkah-langkah antisipasi terus dilakukan oleh jajaran Pemkab Purwakarta melalui Gugus Tugas COVID-19. Di antaranya, Dinas Kesehatan tetap melakukan rapid test dan tracing (pelacakan) bagi yang kontak erat dengan PDP," kata dia.

Dikatakannya, pada sisi pencegahan yang bersifat kewilayahan, dilakukan penertiban di beberapa titik ruas jalan seperti di Jalan Veteran, Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Ipik Gandamanah. 

Baca juga: 366 WNI terjangkit COVID-19 di luar negeri, 55 orang sembuh
Baca juga: Pemeriksaan swab PCR di Batam butuh 2 hari
Baca juga: Kepri alokasikan Rp705,5 miliar untuk penanganan COVID-19

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020