Polda Kalbar siapkan Flat Brimob tempat karantina cegah COVID-19

Polda Kalbar siapkan Flat Brimob tempat karantina cegah COVID-19

Polda Kalbar akan menjadikan Flat Batalyon A Satuan Brimob sebagai tempat karantina dalam pencegahan penyebaran COVID-19.  (Istimewa)

Pontianak (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Barat (Kalbar) Irjen Pol R Sigid Tri Hardjanto mengatakan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan Flat Batalyon A Satuan Brimob di Jalan Parit Bugis, Ahmad Yani II sebagai tempat karantina pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19.

“Polda Kalbar telah mempersiapkan satu bangunan, yaitu Flat Batalyon A Satuan Brimob untuk dijadikan tempat karantina dalam pencegahan penyebaran COVID-19," kata Sigid di Pontianak, Senin.

Baca juga: Polda Kalbar turunkan 456 personel operasi kontingensi COVID-19

Dia mengatakan, terdapat 32 kamar di bangunan empat lantai Flat Batalyon A Satuan Brimob itu yang segera difungsikan untuk karantina dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

Menurut dia, saat ini untuk kesiapan sudah rampung dan mulai dapat digunakan. Sebagai langkah awal dalam pencegahan COVID-19, tempat tersebut akan diisi oleh anggota Polda Kalbar yang baru datang dari provinsi lain.

Baca juga: Polda Kalbar proses empat dugaan penyebar berita hoaks COVID-19

Ia menambahkan, langkah awal Flat Brimob ini akan dilakukan model karantina mandiri untuk personel Polda Kalbar yang baru datang dari luar Kalbar, karena memang saat ini terdapat personel Polda Kalbar yang baru selesai pendidikan kejuruan, pengembangan dan lainnya yang berkaitan dengan kedinasan.

"Jadi mereka yang pulang ke Kalbar, sebelum pulang ke rumah masing-masing akan kami tempatkan di Flat Batalyon A itu," ujarnya.

Kapolda Kalbar menambahkan tidak menutup kemungkianan flat itu juga dapat digunakan untuk masyarakat. Polda Kalbar juga akan memfasilitasi pemerintah jika memang membutuhkan tempat dan memastikan pasien tertampung dan dilayani dengan baik.

Baca juga: Polda Kalbar gelar donor darah dampak COVID-19

"Ini juga bentuk kesiapan dan dukungan Polda Kalbar terhadap pemerintah dalam rangka pencegahan COVID-19. Jika sewaktu-waktu Kalbar mengalami lonjakan pasien COVID-19, maka akan kami fasilitasi bangunan ini untuk pemerintah menangani pasien," katanya.
Pewarta : Andilala
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020