Bappenas umumkan daerah dengan inovasi pembangunan terbaik 2020

Bappenas umumkan daerah dengan inovasi pembangunan terbaik 2020

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa. (ANTARA/AstridFaidlatulHabibah)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) mengumumkan tiga pemerintah daerah yang menerapkan inovasi pembangunan terbaik tahun 2020 masing-masing untuk tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

“Kami kembali mengadakan penghargaan pembangunan daerah kepada pemerintah daerah dengan perencanaan, pencapaian dan inovasi pembangunan terbaik,” kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam Musrenbang Nasional daring di Jakarta, Kamis.

Presiden Joko Widodo menyaksikan secara virtual pengumuman daerah yang mendapatkan penghargaan pembangunan tersebut di sela-sela pembukaan Musrenbang Nasional Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021.

Untuk kategori perencanaan dan pencapaian terbaik tingkat provinsi peringkat pertama, kedua dan ketiga masing-masing berurutan diraih oleh Jawa Tengah, Bengkulu dan Jawa Timur.

Kemudian, untuk tingkat kabupaten peringkat pertama, kedua dan ketiga masing-masing diraih Temanggung, Poso dan Bangka.

Selanjutnya, tingkat kota peringkat pertama, kedua dan ketiga masing-masing diraih Semarang, Yoyakarta dan Padang.

Pemberian penghargaan itu, kata dia, merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Pusat kepada daerah atas prestasi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang dilakukan setiap tahun.

Kementerian PPN/Bappenas sudah memberikan penghargaan itu sejak tahun 2011.

Dari pemaparan dalam Musrenbang Nasional itu disebutkan, penilaian menggunakan metode kulitatif-kuantitatif yang dievaluasi secara kolektif dan berjenjang dengan melibatkan ahli lintas bidang.

Adapun objek dan ruang lingkupnya adalah proses penyusunan dokumen rencana kerja pemerintah daerah, kualitas dokumen perencanaan daerah, pencapaian pembangunan daerah dan inovasi pembangunan.

Baca juga: Bappenas restrukturisasi program kementerian dan lembaga
Baca juga: Menteri PPN: Percepatan pemulihan sosial ekonomi fokus RKP 2021

Pewarta : Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020