Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 21 orang warga RW 07 dan RW 09 Kelurahan Kebon Kacang dirujuk oleh Puskesmas Tanah Abang untuk ke rumah sakit rujukan COVID-19 karena hasil tes cepat (rapid test) positif terpapar virus corona.

"Jadi ada 14 warga dirujuk ke RSD Wisma Atlet, lalu 7 warga dirujuk ke RSAL (Mintoharjo)," kata Kepala Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, Ulfa Sari saat dihubungi, Senin.

Hasil tersebut ditemukan usai 150 orang yang merupakan warga Kelurahan Kebon Kacang menjalani "rapid test" karena meningkatnya kasus COVID-19 di kawasan itu.

Berdasarkan data dari situs corona.jakarta.go.id tercatat pada Senin ada 49 kasus COVID-19 yang tersebar di kelurahan itu.

Dinas Kesehatan DKI dan Wali Kota Jakarta Pusat memutuskan "rapid test" dilaksanakan untuk mengetahui potensi penularan COVID-19 di antara warga Kebon Kacang.

Baca juga: Camat pastikan RS Darurat COVID-19 diterima warga Simprug

"Swab test" segera dilakukan di lokasi yang sama, yaitu di Masjid Jami Al Ma'mur untuk mempercepat proses pemeriksaan lanjutan bagi warga yang mendapatkan hasil "rapid test" positif.

"Karena hasil 'rapid test'-nya reaktif jadi tadi kita swab di lokasi. Setelah keluar hasilnya (swab test) nanti rumah sakit yang akan tentukan pasiennya akan menjalani perawatan seperti apa," kata Ulfa.

Karena itu, saat ini 21 orang yang dirujuk ke rumah sakit-rumah sakit penanganan COVID-19 itu berada dalam pengawasan tenaga medis di rumah sakit itu.

Ratusan warga Kelurahan Kebon Kacang dari RW 07 dan RW 09 menjalani tes cepat untuk mengetahui terinfeksi COVID-19 atau tidak mengingat kasus di kawasan itu terus berangsur naik.

"Kita semua menjalani tes, kita siapkan ada 200 slot. Tapi tadi yang datang sekitar 150 orang," kata Lurah Kebon Kacang Aiman.
Baca juga: Di Jakarta, pasien COVID-19 sembuh terus bertambah

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020