Aceh Besar (ANTARA) - Tingginya intensitas hujan yang melanda kawasan Aceh Besar dalam dua hari terakhir mengakibatkan sejumlah gampong (desa)  di Aceh Besar terendam banjir.

“Data sementara ada beberapa gampong di beberapa kecamatan di Aceh Besar terendam banjir akibat tingginya curah hujan yang terjadi dalam dua hari ini,” kata Kepala BPBD Aceh Besar, Farhan AP di Aceh Besar, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela mendampingi Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali meninjau langsung lokasi banjir di Kawasan Vila Buana, Aceh Besar.

Baca juga: Sejumlah gampong di Banda Aceh dilanda banjir

Ia menjelaskan banjir yang melanda kawasan Aceh Besar tersebut terjadi di sejumlah gampong seperti Lampasie Engking, Rima Keunerom, Garut dan Ajun.

“Sampai saat ini kita terus melalukan pendataan dan melakukan penanganan tanggap darurat untuk masyarakat terdampak,” katanya.

Pihaknya juga mengerahkan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir.

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali mengatakan dari pantauan di lapangan banjir melanda sejumlah titik dan melanda di beberapa kecamatan di bagian barat.

“Banjir diperkirakan akan melanda Kecamatan Darul Imarah, Peukan Bada, Lhoknga, Leupung dan Lhoong,” katanya.

Ia mengatakan saat ini air mulai surut dan dirinya berharap intensitas hujan dapat berkurang sehingga air yang merendam permukiman warga segera surut.

Ia menyampaikan dalam penanganan banjir tersebut Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dengan instansi terkait BPBD turut dibantu Kodim 0101/BS dan Polresta Banda Aceh.

Baca juga: Banjir melanda delapan desa di Pidie Jaya, Aceh
Baca juga: Banjir setengah meter rendam tiga desa di Aceh Selatan

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020